7 Tips Memilih Lemari Pajangan TV, Kenali Bahan dan Modelnya

lemari pajangan tv

Televisi atau TV biasanya menjadi titik fokus di ruang keluarga, yang bisa menyatukan keluarga dan teman untuk berbagi momen berharga. Untuk mempercantik tampilan ruang keluarga secara keseluruhan, sebuah area menonton sangat diperlukan.

Namun, menemukan lemari pajangan TV yang tepat bisa menjadi tugas yang menakutkan bagi beberapa orang. Jika ukuran lemari pajangan TV, jika terlalu kecil, TV bisa jatuh, tetapi jika terlalu besar dapat merusak estetika ruangan.

Untuk warna dan bahan kabinet TV, ada banyak pilihan yang tersedia, tapi mana yang paling cocok untuk ruang keluarga rumahmu?

Ada begitu banyak hal yang perlu dipertimbangkan sebelum memilih lemari pajangan TV. Untungnya, dengan membaca panduan pembelian dari Kedai Mebel Jati berikut ini, kamu akan segera dapat menemukan lemari pajangan TV yang tepat untukmu. Yuk simak!

1. Mencari tahu ukuran televisi

tips membeli lemari pajangan tv

Sebelum kamu dapat menentukan ukuran lemari pajangan TV untuk di rumah, pertama-tama kamu harus mengukur panjang, lebar, dan kedalaman televisi. Dalam kebanyakan kasus, TV diukur secara diagonal. Namun, ukuran TV yang diiklankan tidak mengacu pada ukuran dari sudut ke sudut, karena hanya mengukur layar tanpa menyertakan bingkai di sekitarnya.

Jadi, kamu mungkin perlu menggunakan pita pengukur untuk mengukur lebar dan tinggi televisi yang sebenarnya, dari sisi ke sisi termasuk bingkainya. Untuk referensi, dilansir dari oppeinhome.com, berikut beberapa dimensi ukuran TV yang umum.

INCH TV = Panjang x Lebar

  • 32″ = 70.9 cm x 39.9 cm
  • 40″ =  88.6 cm x 49.8 cm
  • 43″ = 95.3 cm x 53.6 cm
  • 50″ = 110.7 cm x 62.2 cm
  • 55″ = 121.7 cm x 68.6 cm
  • 60″ = 132.8 cm x 74.7 cm
  • 65″ = 144.0 cm x 81.0 cm
  • 70″ = 154.9 cm x 87.1 cm

2. Menentukan panjang lemari pajangan TV:

tips membeli lemari pajangan tv

Setelah kamu mengetahui ukuran TV di rumah, sekarang saatnya untuk menentukan dimensi lemari pajangan TV. Singkatnya, lemari TV setidaknya harus beberapa cm lebih lebar dari TV untuk memastikan keamanan dan estetika.

Untuk menentukan panjang lemari panjangan TV, tambahkan jarak 8 cm antara tepi TV dan tepi kabinet. Misalnya, jika kamu memiliki TV dengan lebar 55″, dudukan TV berukuran lebar 137,7 cm akan bekerja dengan sempurna.

3. Menentukan lebar lemari pajangan TV:

tips membeli lemari pajangan tv

Seperti yang kamu tahu, lemari pajangan TV bukan hanya tempat untuk menyimpan televisi, itu juga tempat untuk mengatur penyimpanan ruang tamu.

Dengan demikian, kamu mungkin perlu memilih lebar atau kedalaman yang sesuai berdasarkan jenis penyimpanan yang kamu rencanakan.

Untuk lemari pajangan TV, kedalaman 40cm-55cm sudah cukup, karena cukup besar untuk menampung beberapa buku.

4. Menentukan tinggi lemari pajangan TV:

tips membeli lemari pajangan tv

Ketinggian lemari pajangan TV juga harus ditentukan oleh konsep ruang keluarga. Apakah kamu ingin menggantung TV atau meletakkannya di kabinet, hal terpenting adalah menempatkannya pada atau sedikit di bawah ketinggian mata.

Ini akan mencegah kamu menjulurkan leher, yang dapat menyebabkan kelelahan dan rasa sakit.

Misalnya bagi TV 55″, bagi kebanyakan orang, tinggi dudukan TV yang ideal adalah 120 cm hingga 130 cm dari atas hingga ke lantai.

5. Menyesuaikan jarak TV ke sofa atau area tempat duduk

tips membeli lemari pajangan tv

Selain mengatur tinggi TV untuk mendapatkan pengalaman menonton terbaik, kamu juga perlu menentukan jarak dari TV ke sofa atau area tempat duduk. Tak hanya demi kenyamanan, mengatur jarak TV ke sofa juga menjaga kesehatan mata dengan baik.

Menonton TV terlalu dekat dalam jangka waktu yang lama dapat menyebabkan ketegangan mata atau kondisi yang disebut dengan asthenopia. Ini merupakan kondisi mata yang menyebabkan berbagai gejala.

Termasuk mata kelelahan, nyeri di dalam atau di sekitar mata, penglihatan kabur, sakit kepala, dan kadang-kadang penglihatan ganda atau kehilangan fokus.

6. Menentukan bahan rak TV

salah satu tips membeli lemari pajangan tv

Setelah kamu menentukan ukuran lemari pajangan TV yang dibutuhkan, langkah selanjutnya adalah menentukan bahan apa yang dibutuhkan.

Ada banyak jenis bahan yang tersedia di pasaran, yang dapat digunakan untuk membuat dudukan TV dengan gaya yang sangat berbeda. Untuk memahami masing-masing bahan yang paling umum tersedia di pasaran, simak informasi selengkapnya di bawah ini:

  • Lemari pajangan TV dari kayu

Seperti yang kamu tahu, kayu adalah bahan yang paling umum digunakan untuk lemari pajangan TV. Untuk lemari TV kayu, tersedia dalam berbagai pelapis kayu, menawarkan berbagai pilihan warna.

Jika kamu lebih suka tampilan sederhana, maka pilih dudukan TV putih atau hitam. Namun jika kamu suka desain modern, lemari pajangan TV berwarna abu-abu adalah pilihan terbaik.

Bagaimanapun, lemari pajangan TV dari kayu menawarkan banyak opsi penyesuaian, tidak hanya dalam hal warna tetapi juga dalam hal bentuk. Jika kamu mencari lemari pajangan TV yang bisa dicustom sesuai dengan gaya ruang keluarga, maka lemari pajangan dari kayu adalah pilihan yang sempurna.

  • Lemari pajangan TV dari kaca

Membuat TV menonjol dari kaca bisa menjadi pilihan yang trendi. Biasanya lemari pajangan TV dari kaca memiliki tingkatan, sehingga memberikan tampilan yang menarik dan modern.

Kaca transparan yang unik juga akan memungkinkan lemari TV menambah luas ruang secara visual dan menghilangkan kesan berantakan.

  • Lemari pajangan TV dari batu

Beberapa orang mungkin memilih marmer atau batu rekayasa untuk membuat lemari TV mereka menjadi terlihat lebih elegan dan mewah. Bahan-bahan ini adalah pilihan yang tepat untuk menampilkan ruang keluarga yang berkelas, karena dapat menampilkan urat alami.

Batunya kokoh dan mudah dirawat untuk menahan penggunaan sehari-hari. Namun, perlu diingat bahwa beberapa batu alam mungkin mengandung bahan radioaktif. Karena itu, harap pastikan bahwa batu tersebut telah diuji radiasi sebelum membeli.

  • Lemari pajangan TV dari logam

Dibangun dengan rangka logam yang kokoh, lemari TV dari bahan logam cukup tahan lama untuk menampung berbagai barang.

Karena logam adalah bahan yang fleksibel, kamu juga dapat membuat lemari TV sepenuhnya dari logam. Untuk membuat dudukan penampilan lemari TV dengan konsep industri, kamu bisa menggabungkan logam dengan kayu atau kaca, sehingga menciptakan berbagai nada yang unik.

7. Mencari model lemari pajangan TV yang sesuai dengan konsep ruang keluarga

tips membeli lemari pajangan tv

Mengingat lemari pajangan TV adalah salah satu bagian terpenting di ruang keluarga, dan terkadang kamar tidur, kamu harus memikirkan gaya dan warna lemari TV yang cocok dengan konsep di ruang tersebut.

Berikut ini ada beberapa contoh lemari TV dalam berbagai gaya, kamu dapat memahami mana yang paling cocok untuk konsep ruang keluarga.

  • Buffet TV Scandi

tips membeli lemari pajangan tv

Buffet TV Scandy dari Naramulya ini memiliki design modern minimalis yang dibuat dari bahan kayu jati solid pilihan. Aksen produk furniture ruang keluarga ini memiliki kaki yang terbuat dari bahan besi batangan yang kuat. Dengan adanya kaki besi ini membuat ruang keluarga tampak lebih luas

Buffet ini juga memiliki dua laci tertutup dan satu laci tengah yang terbuka. Sehingga cocok dijadikan sebagai tempat penyimpanan sekaligus area pajangan koleksi favoritmu.

  • Lemari TV floating

tips membeli lemari pajangan tv

Lemari TV floating yang dipasang di dinding bisa sangat bergaya dan kreatif. Dengan menggunakan jenis lemari pajangan yang satu ini, tidak memakan tempat di lantai, melainkan memanfaatkan area vertikal dinding yang cenderung lebih hemat tempat.

Dengan menyesuaikan ukuran kabinet, lemari TV floating dapat dengan mudah disesuaikan untuk menahan TV pada jarak menonton yang optimal. Ini adalah cara tepat untuk mengubah ruang keluarga menjadi ruang yang apik dan modern.

  • Lemari TV 3-pieces

tips membeli lemari pajangan tv

Jika kamu merasa satu warna terlalu polos, maka pertimbangkan untuk menggunakan warna kombinasi. Memadukan warna dalam rona berbeda dapat menciptakan desain unik, yang meningkatkan tampilan ruang keluarga secara keseluruhan.

Seperti lemari pajangan TV 3-pieces ini, yang membagi dinding TV menjadi tiga bagian. Yaitu lemari dinding untuk barang-barang yang jarang digunakan, area tengah untuk TV dan pajangan foto, dan lemari dasar untuk buku dan barang yang sering digunakan.

Ini adalah desain lemari pajangan TV modern namun tetap sederhana dan fungsional.

  • Lemari TV putih

tips membeli lemari pajangan tv

Putih merupakan warna yang paling murni dari semua warna, inilah mengapa putih menjadi pilihan populer untuk furniture rumah tangga yang mengedepankan konsep minimalis. Lemari tv kayu putih ini juga memberikan suasana yang bersih dan kesegaran pada ruangan.

Dengan bingkai TV di tengah, lemari ini menjadi solusi yang tepat untuk TV besar dan masih memungkinkan banyak penyimpanan.

  • Lemari TV abu-abu

tips membeli lemari pajangan tv

Apakah kamu menginginkan sesuatu yang mewah tetapi tidak terlalu mencolok? Maka lemari TV abu-abu yang glossy mungkin menarik bagimu. Disajikan dalam warna abu-abu dengan permukaan mengkilap, lemari pajangan TV ini menonjolkan desain entry-luxury.

Dengan rak terbuka di bagian atas dan kabinet di bawahnya, lemari TV ini dapat memenuhi semua kebutuhanmu, menyimpan koleksi di bagian atas, dan menyimpan barang lainnya di dalam kabinet, untuk menciptakan ruang tamu yang bersih dan rapi.

  • Lemari TV hitam

tips membeli lemari pajangan tv

Ruang keluarga adalah tempat yang ideal untuk menyimpan buku, apalagi jika kamu tidak memiliki ruang belajar tersendiri. Sehingga ketika kamu menggabungkan lemari TV dengan rak buku, furniture ini akan berfungsi sebagai fitur yang menarik di ruang keluarga.

Tampilan warna hitam dengan desain modern, seluruh lemari pajangan TV ini dapat memberikan penampilan ruang keluarga yang lebih elegan dan mewah.

  • Lemari TV sudut

tips membeli lemari pajangan tv

Bergantung pada tata letak ruang keluarga, mungkin lemari TV dari kaca atau kayu tidak sesuai dengan ruang yang kamu miliki. Dalam hal ini, kamu mungkin ingin mempertimbangkan lemari TV sudut yang akan lebih mudah masuk ke area yang lebih kecil.

Bagian belakang lemari TV sudut dibentuk sedemikian rupa sehingga akan mendorong lebih jauh ke sudut ruangan dibandingkan dengan lemari dengan ujung lurus. Lemari sudut juga akan menghemat ruang dan membuat TV tidak terlalu mencolok di dalam ruangan.

Nah itulah informasi seputar tips memilih lemari pajangan TV. Setelah membaca informasi di atas, semoga kamu bisa lebih mudah untuk mencari mana lemari TV yang paling tepat untuk di rumahmu ya!

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.