5 Furniture Untuk Kantor dan Ruang Belajar di Rumah

Furniture untuk kantor

Sejak pandemi Covid-19 di tahun 2019 lalu, tak sedikit pelaku usaha, pekerja. dan pelajar yang menerapkan sistem Work From Home (WFH) dan pembelajaran daring. Inilah yang membuat mereka mencari furniture untuk kantor dan ruang belajar, agar proses kerja dan belajar menjadi lebih nyaman di rumah.

Tahukah kamu bahwa memiliki ruang kantor atau ruang belajar di rumah, dapat membuat perbedaan besar dalam kenyamanan dan produktivitas, bahkan di ruang yang sederhana sekalipun. Inilah mengapa pentingnya memilih furniture yang tepat untuk kantor dan ruang belajar di rumah.

Untuk menunjang aktivitas bekerja dan belajar di rumah, kali ini, kami telah merangkum 5 furniture untuk kantor dan ruang belajar di rumah. Coba cek, barang mana yang sudah kamu miliki?

1. Kursi

Furniture untuk kantor dan ruang belajar di rumah

Furniture untuk kantor dan ruang belajar di rumah yang paling penting adalah kursi. Saat memutuskan untuk membeli kursi, perlu diingat bahwa kamu akan menghabiskan sebagian besar waktu di sini.

Kamu akan menggunakan kursi ini kurang lebih selama 40 jam seminggu, perhatikan dua hal yang paling penting saat mencari kursi, yaitu kenyamanan dan ergonomi.

Kursi yang ergonomis berarti itu dirancang untuk orang tertentu dan tugas yang harus dilakukan. Karena setiap orang berbeda dan akan memerlukan pengaturan yang berbeda untuk jenis kursi yang memenuhi kebutuhan masing-masing.

Selain menyesuaikan dengan tugas yang dilakukan, pekerjaan kantor atau sekolah biasanya melibatkan duduk berjam-jam, yang dapat menyebabkan berbagai masalah punggung.

Untuk mencegahnya, kamu harus mempertimbangkan agar mendapatkan kursi ergonomis yang mendukung postur tubuh yang baik dan menopang punggung bagian bawah. Untuk itu, carilah kursi dengan sandaran, ketinggian kursi, dan sandaran kepala yang dapat disesuaikan, serta kedalaman dan stabilitas kursi yang baik.

Sedangkan, untuk kenyamanan optimal, ketinggian tempat duduk harus mudah disesuaikan. Dilansir dari sena-homefurniture.co.uk, kisaran tinggi kursi harus meningkat antara 40 hingga 55 cm.

Dengan cara ini, kaki tidak akan menggantung di udara dan dapat membantu menghemat uang. Karena ketinggian kursi dapat digunakan oleh anak-anak, remaja, hingga orang dewasa.

Hal penting lainnya yang perlu dipertimbangkan adalah penyangga pinggang. Posisi duduk yang lama dapat menyebabkan ketegangan dan bungkuk, jadi pastikan kursi luas sandaran selebar 30 hingga 48 cm.

2. Meja kerja

furniture untuk kantor dan ruang belajar di rumah

Saat kamu membaca “meja” sebagai furniture untuk kantor dan ruang belajar di rumah, maka yang harus kamu beli adalah “ruang untuk bekerja”. Yup, setiap orang di rumah tidak membutuhkan mejanya sendiri, tetapi setiap orang membutuhkan ruang yang ergonomis untuk mereka.

Ada jenis-jenis meja kerja yang perlu kamu pertimbangkan. Sehingga pikirkan apa yang dibutuhkan sebagian besar orang di rumah yang menunjang produktivitas sehari-hari. .

Misalnya, kamu bekerja menggunakan Personal Computer (PC) dan begitu juga anak atau adikmu di rumah. Maka meja kerja harus dilengkapi dengan kompartemen penyimpanan PC. Cari juga meja yang memiliki lubang saluran untuk sambungan listrik dan lubang kabel. Ini akan mencegah kekacauan dan mencegah potensi bahaya sengatan listrik.

Jika kamu melakukan pekerjaan berat dalam dokumen, maka kamu harus memiliki meja luas yang memiliki tempat penyimpanan untuk menampung kertas, spreadsheet, dan tumpukan laporan. Meja kantor dengan rak dan unit penyimpanan bawaan mungkin merupakan pilihan ideal.

3. Lemari atau rak penyimpanan

furniture untuk kantor dan ruang belajar di rumah

Kamu selalu membutuhkan ruang penyimpanan sebagai pelengkap furniture untuk kantor atau ruang belajar di rumah. Baik itu untuk menyimpan dokumen-dokumen penting, kertas, atau alat tulis. Memiliki unit penyimpanan sebagai furniture di kantor sangatlah penting.

Jika kamu memiliki ruang kerja yang kecil, pastikan unit penyimpanan tidak menempati banyak ruang. Jika kamu bekerja dari rumah, kantor secara alami akan lebih kecil dari ruang kerja komersial. Penempatan objek yang strategis adalah kunci untuk membuat kantor rumah terlihat profesional dan menarik.

Misalnya kamu dapat membeli berbagai ukuran unit penyimpanan seperti rak, rak buku, laci yang dapat dipanjangkan, dll. Apapun yang sesuai dengan interior rumah dan tidak menempati terlalu banyak ruang di kantor adalah pilihan yang bagus.

4. Sofa tamu

furniture untuk kantor dan ruang belajar di rumah

Meski kerja atau belajar di rumah, kamu tetap akan memiliki pengunjung ke ruang ini. Artinya, kamu perlu memiliki pengaturan tempat duduk yang tepat untuk mengakomodasi rekan kerja atau teman-teman belajar ini. Kamu dapat memilih kursi santai atau sofa yang nyaman untuk pendekatan santai.

Pilih furniture seperti sandaran untuk mengisi ruang kantor, jika ada. Kamu juga harus memiliki ruang duduk yang cukup untuk mengadakan pertemuan di ruang kerja rumah. Meja kopi di tengah juga bisa menjadi tambahan yang cerdas untuk ruang kerja di rumah.

5. Rak buku

furniture untuk kantor dan ruang belajar di rumah

Jika kamu memiliki anggota keluarga di rumah yang statusnya masih pelajar, maka bukan hal yang mengherankan apabila mereka memiliki banyak koleksi buku untuk dipelajari hingga diteliti. Bahkan tak sedikit juga pekerja yang masih mengoleksi buku untuk menambah pengetahuan hingga meningkatkan kualitas diri.

Namun buku yang berantakan di ruang kerja rumah akan membuatmu atau keluargamu kesulitan saat mencari buku yang dibutuhkan. Terlebih lagi buku-buku yang diletakkan sembarangan dapat membuatnya lebih cepat rusak. Maka dari itu, rak buku adalah hal penting yang perlu kamu miliki di kantor dan ruang belajar di rumah.

Selain memberikan rasa organisasi untuk buku dari segala bentuk dan ukuran, rak buku juga dapat menyediakan ruang untuk barang-barang lain. Seperti bingkai foto, dekorasi, atau memorabilia yang ingin kamu tunjukkan kepada anggota keluarga lainnya hingga tamu.

Rak buku tak harus selalu besar lho! Mereka bisa datang dalam berbagai bentuk dan ukuran sendiri. Misalnya, kamu dapat menggunakan rak gantung di dinding atau menggunakan rak buku tradisional. Rak buku dapat menawarkan pengaturan, akses mudah, dan menunjukkan kepribadianmu kepada teman dan keluarga.

Rak buku buatan tangan, terutama rak buku yang terbuat dari kayu, dapat menawarkan titik fokus yang sempurna ke ruangan mana pun atau menyediakan ruang penyimpanan yang mungkin belum pernah kamu miliki sebelumnya.

Sederhananya, furniture untuk kantor dan ruang belajar ini menawarkan elemen “mode” dan “fungsi” saat digunakan di kantor dan ruang belajar di rumah.

Kunci dalam Memilih Furniture untuk Kantor atau Ruang Belajar di Rumah

Barang-barang furniture untuk kantor atau ruang belajar di rumah lainnya termasuk papan tulis, tempat alat tulis, dll. Papan tulis sangat bagus untuk merencanakan sesuatu yang penting atau bahkan selama diskusi penting.

Sementara setiap bisnis bervariasi dalam hal budaya perusahaan dan estetika merek, setiap kantor di rumah membutuhkan beberapa perabot penting. Kursi dan meja yang nyaman dan ergonomis, tempat penyimpanan, partisi, hingga papan tulis adalah suatu keharusan untuk lingkungan kerja yang produktif dan kolaboratif.

Berbelanja furniture untuk kantor dan ruang belajar yang terbaik bisa menjadi tugas yang cukup menakutkan, jadi pastikan waktu dan tenagamu tidak sia-sia. Saat kamu melihat-lihat katalog, perhatikan kualitas, tingkat kenyamanan, dan desain yang stylish.

Lingkungan kantor atau belajar harus melayani banyak anggota keluarga dengan kebutuhan berbeda. Mempertimbangkan kebutuhan semuanya akan membantu kamu dalam menciptakan lingkungan kantor dan ruang belajar di rumah yang sangat fungsional dan menguntungkan.

Nah itulah 5 furniture untuk kantor dan ruang belajar di rumah. Nah apakah kamu sudah melengkapi ruang kerja dan belajar di rumah dengan furniture di atas?

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.