Furniture Kayu vs Furniture Plastik: Kelebihan dan Kekurangannya

kelebihan dan kekurangan furniture kayu vs furniture plastik

Kamu mungkin sudah tak asing dengan dua bahan ini yang kerap muncul di toko furniture terdekat. Bukan hal yang mengherankan lagi jika furniture kayu dan furniture plastik ini memiliki banyak peminat. Namun sama seperti bahan furniture lainnya, kedua bahan ini memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Sehingga, jika kamu berminat untuk membeli salah satu atau keduanya untuk mengisi interior rumah, kamu harus memerhatikannya dengan teliti. Agar tidak ada penyesalan di akhir.

Meski pemilihan diantara keduanya tergantung pada kebutuhan masing-masing individu, penting bagi kamu untuk tetap memahami perbedaan dari kedua bahan ini dalam hal pertimbangan sebelum membeli furniture.

Kali ini Kedaimebeljati.com telah merangkum informasi seputar kelebihan dan kekurangan furniture kayu vs furniture plastik, di bawah ini. Yuk simak!

Furniture kayu

kelebihan dan kekurangan furniture kayu vs furniture plastik

Furniture kayu telah menjadi pilihan yang populer selama berabad-abad karena keindahannya dan daya tahan yang baik. Tak hanya itu, furniture dari kayu dapat memberikan tampilan yang alami dan hangat dalam rumah, serta sering dipilih untuk rumah dengan gaya tradisional atau modern.

Ada berbagai gaya furniture dari kayu yang tersedia, dari yang sederhana hingga yang sangat rumit dan detail.

Kelebihan furniture berbahan dasar kayu:

kelebihan dan kekurangan furniture kayu vs furniture plastik

Selain dikenal tahan lama, dilansir dari Hunker, ada beberapa kelebihan furniture kayu antara lain:

1. Keindahannya yang alami

Kayu memiliki pola alami yang unik dan menarik, sehingga furniture kayu memberikan tampilan yang indah dan alami. Setiap jenis kayu untuk furniture memiliki warna dan ciri khas nya masing-masing yang membuat keindahannya lebih alami.

2. Kekuatan dan daya tahan

Kayu adalah bahan yang kuat dan tahan lama, sehingga furniture dari kayu dapat bertahan selama bertahun-tahun dengan perawatan yang tepat.

3. Mudah diubah dan disesuaikan

Kayu dapat dengan mudah diubah dan disesuaikan untuk memenuhi kebutuhan dan selera pemilik rumah. Kamu cukup mencari produsen atau pengrajin kayu terpercaya yang bisa membuat sesuai dengan desain yang kamu inginkan.

4. Meningkatkan nilai investasi

Furniture dari kayu dapat meningkatkan nilai investasi rumah, karena keindahan dan daya tahan yang tinggi.

5. Meningkatkan kualitas udara dalam ruangan

Kayu solid memiliki kemampuan untuk menyerap dan melepaskan kelembaban secara alami, sehingga dapat membantu menjaga kualitas udara dalam ruangan.

Kekurangan furniture berbahan dasar kayu:

kelebihan dan kekurangan furniture kayu vs furniture plastik

Meskipun furniture dari kayu mempunyai kelebihan yang luar biasa, namun terdapat juga beberapa kekurangan yang perlu kamu ketahui sebelum memilih untuk membeli furniture kayu, antara lain:

1. Harganya yang tergolong mahal

Karena bahan baku yang digunakan adalah kayu solid yang terkenal dengan kekuatan dan keindahannya, maka tak jarang harga furniture dari kayu cenderung lebih mahal dibandingkan dengan furniture yang terbuat dari bahan lain seperti kayu lapis hingga plastik.

2. Membutuhkan perawatan yang tinggi dan konsisten

Furniture dari kayu juga memerlukan perawatan yang lebih tinggi dan konsisten dibandingkan dengan furniture dari bahan lain. Misalnya seperti rutin memberikan pelapisan dan pengecatan agar tetap awet dan tahan lama.

3. Bobotnya yang berat

Furniture dari kayu cenderung lebih berat dibandingkan dengan furniture dari bahan lain seperti kayu lapis dan plastik. Hal ini membuatnya sulit untuk dipindahkan atau diangkat, terutama jika ukurannya besar.

4. Memerlukan ruang yang cukup

Karena furniture kayu cenderung berukuran besar dan berat, maka diperlukan ruang yang cukup untuk menempatkannya. Hal ini bisa menjadi masalah jika ruang yang tersedia di rumah terbatas.

Furniture Plastik:

kelebihan dan kekurangan furniture kayu vs furniture plastik

Sesuai dengan namanya, furniture berbahan plastik adalah furniture yang terbuat dari bahan plastik atau polymer, seperti polypropylene, polystyrene, polyethylene, PVC, dan lain-lain.

Furniture berbahan plastik dapat memiliki berbagai macam bentuk dan ukuran, dan seringkali digunakan sebagai alternatif yang lebih terjangkau daripada furniture kayu atau logam.

Kelebihan furniture berbahan dasar plastik:

kelebihan dan kekurangan furniture kayu vs furniture plastik

Karena memiliki harga yang lebih terjangkau daripada furniture kayu, tak sedikit orang yang berpaling pada furniture plastik. Selain itu, ada beberapa kelebihan furniture plastik yang perlu kamu ketahui, yaitu sebagai berikut:

1. Tahan lama

Plastik biasanya tahan terhadap cuaca dan cahaya UV, sehingga tidak mudah rusak atau pudar warnanya. Furniture plastik juga tahan terhadap goresan, noda, dan benturan.

2. Ringan

Furniture berbahan plastik lebih ringan dibandingkan dengan furniture kayu atau logam, sehingga lebih mudah dipindahkan dan dipindahkan dari satu tempat ke tempat lain.

3. Mudah dibersihkan

Furniture plastik sangat mudah dibersihkan dan dirawat. Kamu hanya perlu membersihkannya dengan air sabun atau lap lembut untuk menjaganya tetap bersih dan terawat.

4. Memiliki harga yang terjangkau

Bukan rahasia umum lagi jika furniture berbahan plastik biasanya lebih terjangkau daripada furniture dari kayu atau logam, sehingga bisa menjadi pilihan yang lebih hemat biaya.

Kekurangan furniture berbahan dasar plastik:

kelebihan dan kekurangan furniture kayu vs furniture plastik

Meski begitu, ada beberapa kekurangan furniture berbahan dasar plastik yang juga tak boleh kamu lewatkan. Dilansir dari Hunker, berikut diantaranya:

1. Mudah rusak

Furniture berbahan plastik mudah rusak atau tergores, dan biasanya tidak dapat diperbaiki.

2. Tidak tahan panas

Meski umumnya tahan terhadap cuaca dan cahaya UV, furniture dari plastik juga rentan terhadap panas yang berlebih, dan dapat meleleh atau perubahan bentuk ketika terpapar suhu tinggi.

3. Kurang tahan lama

Furniture plastik biasanya tidak tahan lama dan dapat pecah atau rusak setelah beberapa tahun.

4. Kurang stabil

Furniture plastik biasanya kurang stabil daripada furniture kayu atau logam dan dapat mudah terguling atau terbalik.

5. Kurang elegan

Beberapa orang menganggap furniture plastik kurang elegan atau mewah daripada furniture kayu atau logam.

Lebih Baik Mana, Furniture Kayu vs Furniture Plastik?

Keputusan antara furniture kayu atau plastik tentu tergantung pada preferensi dan kebutuhan masing-masing individu. Berikut beberapa faktor yang dapat dipertimbangkan dalam memilih antara furniture kayu atau plastik:

1. Tampilan dan gaya

Furniture kayu biasanya memberikan tampilan yang lebih alami dan hangat, sedangkan furniture plastik memberikan tampilan yang lebih modern dan ringan.

2. Harga

Furniture plastik biasanya lebih terjangkau daripada furniture kayu, tetapi tergantung pada kualitas dan merek.

3. Tahan lama

Furniture kayu biasanya lebih tahan lama dan dapat bertahan selama bertahun-tahun, tetapi membutuhkan perawatan yang baik dan teratur. Sementara itu, furniture plastik biasanya tahan lama terhadap cuaca dan noda, tetapi tidak sekuat kayu dan dapat menjadi kusam atau pecah jika terkena suhu yang sangat panas atau dingin secara berulang-ulang.

4. Dampak pada lingkungan

Furniture kayu biasanya dianggap lebih ramah lingkungan daripada furniture plastik karena kayu dapat didaur ulang dan terbuat dari bahan alami.

Namun, furniture plastik dapat menjadi pilihan yang lebih ramah lingkungan jika terbuat dari bahan daur ulang dan dapat didaur ulang kembali.

5. Fungsi

Furniture kayu biasanya lebih cocok untuk interior rumah atau kantor yang ingin memberikan tampilan yang lebih alami dan hangat.

Sementara itu, furniture plastik biasanya lebih cocok untuk outdoor atau ruangan yang sering terkena cuaca atau cairan.

Jadi itulah informasi seputar kelebihan dan kekurangan furniture kayu vs furniture plastik yang perlu kamu pahami. Kesimpulannya, baik furniture kayu atau plastik, keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Jadi, pilihan antara keduanya harus disesuaikan dengan kebutuhan, anggaran, dan preferensi masing-masing individu ya!

Skills

Posted on

April 4, 2023

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.