Kapan Harus Mulai Mengganti Furniture di Rumah? Ini Jawabannya!

mengganti furniture di rumah

Kamu mungkin pernah melihat beberapa furniture ada yang mampu bertahan selama berabad-abad, baik itu di museum di toko barang antik, dan lain-lain. Jadi, apakah furniture di rumah juga akan bertahan selama itu?

Meskipun furnitur tidak memiliki tanggal kedaluwarsa seperti makanan kemasan, daya tahan hidup sebuah furniture sebagian besar bervariasi dalam beberapa tahun.

Ini sangat tergantung pada bahan asli yang digunakan serta konstruksi barang, jumlah penggunaan sehari-hari, dan jumlah perawatan yang dilakukan selama penggunaan.

Jika bukan karena faktor selera yang berubah, kamu mungkin bertanya-tanya kapan sofa atau lemari di rumah perlu diganti. Nah berikut ini kami telah merangkum jawaban kapan harus mulai mengganti furniture di rumah. Baca sampai habis ya!

1. Umur rata-rata furniture di rumah tangga

furniture di rumah

Dilansir dari Thespruce.com, berikut adalah informasi umur rata-rata furniture di rumah tangga:

Sofa: 7-15 tahun

Jika sofa berderit, bantalannya kendur, dan semua penyangga pinggang hilang, inilah saatnya untuk membeli sofa baru. Jika furniture di rumah ini memiliki jok yang bernoda, bau, terkelupas, atau sobek adalah tanda bahwa diperlukannya penggantian atau setidaknya menggati pelapis baru.

Kursi berlapis kain: 7-10 tahun

Petunjuk penggantian yang berlaku untuk sofa, juga berlaku untuk furniture di rumah tangga yang satu ini. Satu hal tambahan untuk mengevaluasi kursi malas adalah mekanisme berbaring. Jika tidak lagi berfungsi dengan lancar, maka ini saatnya untuk kursi baru.

Kursi kayu: 10-15 tahun

Apakah itu kursi meja makan atau kursi samping, kursi kayu harus diganti jika kakinya goyah atau kayunya terbelah di kursi tersebut. Jika kursi memiliki jok berlapis kain, jok seringkali dapat diganti dengan mudah asalkan bagian kursi lainnya kokoh.

Meja ruang makan: 15-20 tahun

Meja ruang makan mungkin menjadi tidak sedap dipandang ketika sudah banyak goresan, penyok, dan bekas bakar, bahkan sebelum menjadi tidak sehat secara struktural. Meja biasanya diganti jika diperlukan ukuran yang lebih besar atau lebih kecil agar sesuai dengan ruangan dan jumlah pengguna.

Meja kopi: 5-10 tahun

Sebagian besar kopi dan meja akhir mendapatkan banyak keausan dari kaki, cangkir kopi panas, dan gelas minum basah. Mereka harus diganti ketika sudah goyah, terlihat tidak sedap dipandang, atau tidak lagi sesuai dengan ruang dan gaya ruangan.

Tempat tidur: 15-20 tahun

Jika rangka tempat tidur mulai berderit, itu pertanda bahwa kamu harus segera menggantinya. Rangka tempat tidur baru dapat dibeli untuk dilampirkan ke headboard favorit, yang biasanya bertahan lebih lama dari sistem pendukung.

Furniture di rumah yang satu ini juga sering diganti, terutama jika kamu sudah memiliki anak. Saat anak-anak mulai tumbuh. Dari tempat tidur balita menjadi tempat tidur twin hingga ukuran yang lebih besar.

Lemari laci atau meja rias: 10-20 tahun

Unit penyimpanan laci jenis apa pun harus diganti jika rangkanya sudah tidak lagi kokoh dan laci tidak lagi dapat dibuka dan ditutup dengan mudah.

Jika unit penyimpanan ini diletakkan di kamar mandi, kamu perlu menggantinya jika lemari laci atau meja rias mengalami masalah seperti jamur atau pertumbuhan lumut. Situasi ini tidak jarang terjadi di area penyimpanan kamar mandi, karena tingginya tingkat kelembapan di dalam ruangan.

Meja kantor: 15 tahun

Memiliki cukup ruang di bawah meja kerja untuk mengubah posisi adalah hal penting jika kamu ingin menikmati lingkungan kerja yang nyaman dan bebas rasa sakit. Inilah mengapa meja kantor harus diganti apabila ruang bawah meja sudah tidak bisa menampung kaki yang bertambah panjang.

Tak hanya itu, meja harus diganti jika kamu merasa sudah goyah atau jika ada laci yang tidak dapat dibuka dan ditutup dengan mudah. Sebagian besar meja diganti karena kebutuhan pekerjaan dan teknologi berubah.

Kursi kantor: 7-10 tahun

Jika kursi kantor digunakan 40 jam per minggu, itu mungkin akan bertahan sekitar tujuh hingga 10 tahun. Masa pakai akan bergantung pada apakah kursi tersebut terbuat dari kayu solid, logam, atau plastik dan apakah kursi tersebut dilapisi kulit atau kain.

Kamu akan tahu sudah waktunya untuk kursi baru ketika pelapis kursi menjadi compang-camping dan kursi menjadi tidak nyaman untuk diduduki tanpa penyangga pinggang.

Furniture teras: 10 tahun

Baik terbuat dari rotan, plastik, atau logam, furniture teras harus diganti jika sudah tidak stabil dan tidak dapat menahan beban orang dewasa.

Namun kamu dapat memperpanjang umur furniture dengan menjauhkannya dari sinar matahari langsung, membersihkannya secara rutin, dan menyimpannya dengan benar.

Matras/kasur: 5-10 tahun

Kasur mungkin adalah perabot yang paling sering digunakan di rumah. Perabot ini menjadi salah satu faktor terbesar untuk mendapatkan tidur malam yang nyenyak. Matras atau kasur harus diganti minimal saat 5-10 tahun penggunaan.

Tentu saja, ini adalah pedoman umum dan bukan satu aturanuntuk semua. Ada berbagai faktor yang mempengaruhi kapan kamu harus mengganti kasur. Misalnya, kasur harus diganti ketika kendur, berbau tajam, dan tidak lagi memberikan dukungan yang diperlukan untuk tidur malam yang nyenyak.

2. Kapan waktu yang tepat untuk mulai membeli furniture baru?

furniture di rumah

Tak dapat dimungkiri, karena penggunaan sehari-hari, cara perawatan yang kurang tepat, hingga faktor lainnya, dapat mengurangi umur penggunaan furniture di rumah. Sehingga beberapa furniture pun tidak memiliki umur sesuai dengan data di atas.

Jika kamu masih bingung tentang kapan waktu yang tepat untuk mulai membeli furniture baru, ada beberapa pertanyaan yang akan membantu kamu mengetahui bahwa sudah waktunya mengganti furniture:

  • Apakah furniture rusak tidak bisa diperbaiki?
  • Apakah pelapisnya bernoda dan usang?
  • Apakah furniture tersebut masih sesuai dengan ruang yang digunakan?
  • Apakah furniture tersebut masih nyaman digunakan?
  • Apakah selera dan kebutuhanmu mulai berubah?

3. Apa yang harus dilakukan dengan furniture yang lama?

furniture di rumah

Ketika kamu memutuskan untuk mengganti furniture di rumah, ada beberapa opsi untuk membuang furniture lama, tergantung pada kualitasnya. Misalnya yaitu:

  • Jual furniture: Ada banyak pasar online yang tersedia jika kamu ingin menjual furniture di rumah. Ambil foto yang jelas dan jujurlah tentang kondisi karya tersebut.
  • Donasi: Badan amal, toko barang bekas, dan tempat penampungan tunawisma sangat senang mendapatkan furniture yang masih layak digunakan dan berkualitas baik. Kamu dapat mengunjungi mereka atau mereka bahkan mungkin datang ke rumah untuk mengambilnya.
  • Tawarkan pada keluarga dan kerabat: Orang dewasa muda akan sering menerima barang bekas meskipun furniture nya tidak sesuai selera mereka. Namun ini mereka lakukan sebagai cara untuk melengkapi apartemen atau rumah baru.
    Jika furniture yang sudah tidak terpakai itu adalah pusaka keluarga, tanyakan kepada keluarga apakah mereka ingin memilikinya dan siapa yang datang duluan akan dilayani duluan.
  • Buang furniture: Jika furniture tidak lagi aman untuk digunakan, rusak tidak dapat diperbaiki, atau dipenuhi serangga, furniture tersebut harus dibuang dengan benar. Hubungi RT/RW setempat untuk mengetahui aturan tentang pembuangan sampah yang besar.

Nah itulah jawaban lengkap dari kapan harus mulai mengganti furniture di rumah. Coba periksa di rumahmu, apakah ada furniture yang harus segera diganti?

Skills

,

Posted on

June 9, 2023

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.