Mebel Finishing Wax Untuk Warna Kayu Alami

Tips dan Info Dari Produsen Mebel Jepara

Mebel Finishing Wax Warna Alami Serat Kayu

Mebel warna alami serat kayu jati memang tidak di ragukan lagi keindahan dan kualitasnya. Hal itu menjadikan sebagian besar konsumen kami sayang untuk menutupi keindahan serat kayu jati dengan warna2 lain seperti coklat atau merah.

Warna2 tersebut di nilai menghilangkan keindahan asli dari serat kayu jati tersebut. Namun pada sisi lain kita juga tidak bisa membiarkan permukaan serat kayu jati tidak terlindungi dengan lapisan finishing.

Meskipun hal ini banyak di jumpai pada produk outdoor furniture / furniture untuk taman namun pada penggunaan dalam rumah estetika nya mungkin kurang dapat. Karena itulah mebel finishing wax adalah pilihan yang tepat jia kita ingin tampilan yang dijelaskan diatas.

Bahan Finishing Wax

Ada satu bahan finishing mebel yang mungkin tepat jika kita menginginkan warna mebel yang masih menonjolkan serat kayu jati yang asli dengan tetap memiliki perlindungan terhadap debu dan kotoran yang melekat. Bahan tersebut adalah wax / semir kayu. Bahan tersebut melapisi dan melindungi serat kayu tanpa merubah warna serat kayu jati asli.

Bahan finishing wax adalah salah satu dari sekian banyak pilihan bahan finishing yang bisa di aplikasikan pada produk mebel jika anda menghendaki penampilan yang alami.

mebel finishing wax

Img: Propan Raya

Kekurangan Bahan Finishing Wax

  • Suka jamuran kalau kena lembab, apalagi kalau didalam pakingan. Ini kendala utama perusahaan furniture yang meng export produk furniture yang punya finishing wax. Kena lembab dikit rentan jamuran, makanya kayunya harus kering betul.
  • Pilihan warna terbatas.
  • Tidak tahan lama, harus ada proses touch up setelah sekian tahun.

Kelebihannya

  • Hasil akhirnya natural banget.
  • Aplikasinya mudah.
  • Biaya produksi murah.
  • Waterproof.
  • Non toxic, terutama jika pakai wax lebah.

Cara Aplikasi Mebel Finishing Wax

Aplikasi bahan finishing wax cukup mudah, hanya dengan alat2 seadanya dan sedikit tenaga sudah bisa, step2 nya adalah sebagai berikut :

  1. Aplikasikan bahan dasar / sealer serat yang menutup pori2 kayu dan berfungsi sebagai perekat antara wax dengan kayu.
  2. Step pertama bisa juga di lewati dan langsung menuju step kedua yaitu aplikasikan wax searah serat kayu dengan menggunakan kain lap halus berbahan katun dan biarkan mengering secara alami.
  3. Setelah bahan wax mengering, gosok searah serat kayu hingga mengkilap alami dan anda sudah selesai.
  4. Jika di perlukan, ulangi step kedua dan ketiga untuk meratakan warna dan juga bila anda ingin menambah tingkat mengkilat atau tidaknya mebel anda.

Cara Perawatan Finishing Wax

Mebel jati minimalis yang di lapisi dengan finishing warna natural wax juga sangat mudah merawatnya. Untuk perawatan rutin anda hanya perlu membersihkannya dengan lap halus yang kering searah serat kayu saja.

Apabila anda ingin menambahkan lapisan wax pada mebel anda juga sangat mudah. Anda hanya perlu mengulangi step kedua dan ketiga dari proses diatas dan selesai. Anda bisa melakukan hal ini sendiri tanpa bantuan tenaga ahli, kecuali jika anda tidak memiliki cukup waktu untuk itu.

Pada dasarnya semua produk mebel jati minimalis kami bisa di aplikasikan dengan bahan finishing wax ini. Anda bisa meminta kami untuk ini dalam proses negoisasi pembelian di awal dan kami akan melakukannya untuk anda.

Kesimpulan

Mebel finishing wax adalah pilihan yang tepat bagi anda yang mau tampilan alami kayu secara maksimal, memang perlu pemeliharaan extra dibanding bahan finishing mebel yang lain, namun menurut kami perawatannya mudah kok, gak pake ribet.

Silahkan hubungi kami jika anda mau pesan furniture dengan finishing wax, semoga informasi diatas ada manfaatnya untuk anda. Terima kasih!

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.