10 Alternatif Meja Ruang Tamu Unik dan Menarik, Beda Dari yang Lain

meja ruang tamu unik

Apakah kamu menyukai suasana vintage atau lebih suka minimalis, kamu mungkin ingin memiliki meja kopi di ruang tamu. Namun, harganya bisa sangat mahal, dan sebagian besar desainnya cukup satu dimensi.

Tak sedikit dari kita yang merasa bosan dengan ide-ide desain setiap meja ruang tamu. Inilah mengapa, banyak yang mencari alternatif meja ruang tamu unik selain dari meja yang biasanya sudah kita kenal.

Itu sebabnya kali ini Kedai Mebel Jati telah membuat beberapa barang yang dapat berfungsi sebagai alternatif meja ruang tamu yang luar biasa unik, sekaligus menghidupkan tempat tersebut.

Memilih salah satu dari ide ini dapat membantu kamu meningkatkan estetika rumah sekaligus membuat ruang tamu berbeda dari desain konvensional. Mereka sempurna untuk semua ruang, dari ruang tamu hingga ruang keluarga.

Simak 10 ide meja ruang tamu unik di bawah ini ya!

1. Dua kursi pouf

meja ruang tamu unik

Pouf seperti bean bag dewasa. Mereka diisi dengan gandum atau kacang-kacangan sehingga sedikit lebih berat dan lebih kencang, dan pembungkus luarnya mungkin berupa keranjang anyaman dari kain atau apa pun yang kemungkinan besar tidak akan tertusuk.

Mereka dirancang agar sesuai dengan dekorasi modern saat ini, seperti rumah bergaya minimalis hingga japandi. Bagian yang menyenangkan adalah mereka dapat berfungsi ganda sebagai sandaran kaki, dan ketika kamu siap untuk meletakkan minuman dan piring di atasnya, kamu dapat meletakkan nampan di atasnya.

Tetapi secara umum, dua kursi pouf ini memudahkan kamu untuk mengaturnya, di mana meja kopi akan diletakkan, dan mereka akan meningkatkan ruang itu secara visual dan melayani tujuan sebagai alternatif meja ruang tamu unik dengan baik.

Namun sebelum kamu menggunakan ini sebagai meja kopi, pastikan kursi pouf memiliki bagian atas yang rata, sebaiknya ketika digunakan dengan nampan.

2. Beberapa bangku stool

meja ruang tamu unik

Memilih beberapa bangku stool sebagai pengganti meja ruang tamu unik, dapat membuat tata letak ruangan lebih semarak dan unik. Kamu dapat menyusun model dengan berbagai bentuk dan ukuran dan menjadikannya pusat dari set sofa di ruang tamu.

Ini juga akan menambah karakter pada ruang tamu dan membuatnya menarik secara unik. Para tamu mungkin akan terikat untuk berhenti dan memperhatikannya setiap kali mereka datang berkunjung.

Salah satu hal terbaik tentang penggunaan beberapa bangku stool alih-alih meja kopi konvensional adalah keserbagunaannya dan fleksibilitas yang dapat diberikannya.

Sebagai permulaan, kamu dapat dengan mudah mengalokasikan satu bangku untuk setiap sofa atau sesuai dengan jumlah tamu sehingga mereka dapat dengan mudah menyimpan cangkir kopi dan barang-barang kecil lainnya. Selain itu, ini juga bisa digunakan sebagai pengganti tempat duduk jika terlalu banyak orang.

Faktor bagus lainnya tentang beberapa bangku stool yang dijadikan meja ruang tamu unik adalah seberapa hematnya dibandingkan dengan meja kopi. Meja kopi bisa sangat mahal, sehingga jika rusak, kamu mungkin akan merogoh kocek yang cukup dalam untuk menggantinya.

Namun, jika salah satu bangku stool rusak, kamu dapat dengan mudah menggantinya, mengingat harganya yang lebih terjangkau. Kamu dapat mencampur dan mencocokkan dengan jenis kursi lainnya jika kamu melakukannya dengan benar juga.

3. Meja C-side

meja ruang tamu unik

Meja ruang tamu unik selanjutnya adalah meja C-side. Meja ini tak hanya efisien dan efektif tetapi juga terlihat luar biasa. Mereka dibentuk dalam bentuk huruf “C” dan diberi nama demikian juga.

Cara penggunaannya adalah kaki meja dapat digeser ke bawah sofa dan kemudian bagian atas meja dapat digeser tepat di atas pangkuan. Balok penyangga akan lebih jauh, sehingga memberikanmu banyak ruang untuk kaki.

Saat tidak digunakan, kamu dapat menyimpannya sebagai meja samping. Memiliki lebih sedikit ruang karena bentuknya, membuat meja samping C-side ini dapat digeser di bawah apa pun termasuk sisi sofa.

4. Ottoman

meja ruang tamu unik

Dilansir dari worstroom.com, ottoman adalah permukaan seperti sofa yang dimaksudkan agar kamu bisa mengangkat kaki saat duduk di sofa.

Namun seiring berjalannya waktu, mereka telah berevolusi menjadi versi besar yang dapat menopang seluruh tubuh atau berfungsi sebagai meja jika kamu meletakkan nampan di atasnya.

Menemukan bangku ottoman yang cocok dengan sofa atau jok pelapis dapat menjadi alternatif meja ruang tamu unik yang bagus. Karena ottoman kini telah menjadi jauh lebih besar, kamu tentu tidak akan kesulitan menemukan ukuran dan bentuk yang tepat untuk memenuhi kebutuhanmu.

5. Tumpukan buku

meja ruang tamu unik

Jika kamu seorang pecinta buku atau memiliki setumpuk majalah di sekitar rumah, opsi ini sangat cocok untukmu. Ini sangat terjangkau dan lebih mudah dirawat daripada furniture apa pun.

Meja ruang tamu unik ini adalah barang DIY, dan kamu dapat dengan mudah membuatnya dengan tumpukan buku yang ada di sekitar rumah. Mudah dikustomisasi adalah salah satu keuntungan terbesar yang kamu alami saat menggunakan setumpuk buku sebagai alternatif dari meja kopi.

Kamu juga dapat dengan mudah menyesuaikan jumlah buku atau majalah untuk menambah atau mengurangi tingginya. Selain itu, kamu juga dapat menggunakan trik yang sama untuk menambah lebarnya dan membiarkannya menampung lebih banyak barang.

Alasan besar mengapa banyak orang lebih suka menggunakan tumpukan buku sebagai alternatif meja kopi adalah karena pengaruhnya terhadap keseluruhan dekorasi ruangan. Ini memberikan getaran yang sangat retro dan akan meniru pengalaman nongkrong di perpustakaan dengan tamu.

Dengan meja kopi ruang tamu unik ini menjadi pilihan yang bagus untuk menyimpan benda-benda kecil seperti mug dan kunci.

Satu-satunya kelemahan signifikan yang akan Anda dapatkan dari penggunaan alternatif meja kopi ini adalah bentuknya yang lemah. Menggunakan struktur ini selalu berisiko membuat buku terjatuh karena kecelakaan atau kecerobohan.

Selain itu, bahaya tumpahan kopi adalah masalah utama yang perlu diingat karena dapat merusak halaman dan membuat kamu harus segera menggantinya. Tapi ide ini pasti bisa membantu membuat ruang tamu lebih nyaman dengan sentuhan pribadi.

6. Meja samping

meja ruang tamu unik

Kamu tentu tidak harus memiliki satu meja ruang tamu yang panjang dan kokoh. Kamu dapat dengan mudah menggunakan satu atau bahkan dua meja samping yang ditempatkan berdekatan, namun pastikan mereka cocok satu sama lain!.

Itu semua tergantung pada seberapa banyak ruang lantai yang kamu miliki atau seberapa banyak area yang ingin kamu gunakan.

Meja samping sudah dibuat untuk menampung piring dan cangkir, jadi tidak berlebihan untuk menggunakannya sebagai pilihan meja ruang tamu unik.

Seperti biasa, pastikan untuk menggunakan tatakan gelas, tempat gelas, dan alas piring jika kamu akan meletakkan piring atau gelas panas di atasnya.

7. Kereta troli

meja ruang tamu unik

Ini memiliki kombinasi sempurna antara perpindahan dan penyimpanan yang dengan mudah membuatnya menonjol dalam pengaturan apa pun. Selain itu, kereta troli dengan bodi kayu benar-benar menambah lapisan keindahan dan keanggunan pada tampilannya.

Di antara banyak manfaat yang ditawarkan troli, yang paling signifikan adalah opsi penyimpanannya. Idealnya, ada dua rak berbeda pada model ini, yang menampilkan rak di bagian atas dan gerobak bar di bagian bawah.

Kamu dapat menyimpan berbagai barang di dalamnya, mulai dari mesin pembuatan kopi, jenis kopi, gula, sendok, dan piring makanan ringan.

Aspek penting lainnya dari kereta troli adalah kenyamanan yang diberikannya dalam hal portabilitas. Terdapat empat roda kecil yang terpasang pada bagian bawah troli sehingga kamu dapat dengan mudah memindahkannya dari satu sisi ruangan ke sisi lainnya.

Oleh karena itu, kamu dapat dengan mudah mendorongnya tanpa membuat tamu bangun dari tempat duduk untuk mengaksesnya.

Namun meja ruang tamu unik ini memiliki beberapa masalah yang harus kamu ketahui. Masalah utama terletak pada kekokohannya. Seringkali meja kopi dengan roda ini tidak menempel dengan kuat ke tanah, dan ketika mendorongnya dengan kasar dapat menyebabkannya jatuh. Oleh karena itu, sangat penting untuk menanganinya dengan hati-hati.

8. Meja konsol

meja ruang tamu unik

Meja konsol sebenarnya dirancang untuk menampung televisi dan perangkat media lainnya, tetapi bentuk dan ukurannya juga sempurna untuk digunakan sebagai meja ruang tamu unik.

Kamu hanya perlu menemukan satu yang cocok dengan furniture dan dekorasi di ruang tamu, serta yang mungkin kurang terlihat seperti meja konsol.

Apa pun yang dapat menampung jenis televisi layar lebar modern, ukurannya cukup untuk digunakan sebagai meja kopi.

9. Koper antik

meja ruang tamu unik

Menggunakan barang ini adalah cara yang bagus untuk memanfaatkan sumber daya yang ada dengan sebaik-baiknya, sambil juga menghemat uang dan ruang.

Meja ruang tamu unik dengan koper antik adalah pemandangan umum di sebagian besar rumah tangga Amerika, yang kerap menyimpan koper di loteng. Membersihkan dan meletakkannya di ruang tamu, juga bisa menjadikannya sebagai alternatif yang bagus untuk meja kopi.

Tidak seperti kebanyakan meja kopi saat ini, koper antik memiliki bahan bangunan yang lebih premium dan dapat diandalkan daripada kebanyakan model. Sebagai permulaan, produk ini terbuat dari bahan organik, antara lain kayu dan kulit.

Oleh karena itu, meja ruang tamu unik yang satu ini akan bertahan lebih lama dan tidak memerlukan penggantian untuk waktu yang lama.

Aspek luar biasa dari koper vintage adalah ukurannya. Dibandingkan dengan sebagian besar produk dalam daftar ini, dimensinya paling mendekati untuk mewakili badan meja kopi.

Oleh karena itu, ia memiliki kapasitas yang hampir sama untuk membawa barang. Kamu dapat dengan mudah meletakkannya di sekitar set sofa dan menampung seluruh piring makanan ringan di atasnya.

Koper vintage adalah model yang layak ditempatkan di ruang tamu Anda sebagai pengganti meja kopi. Dengan satu masalah penting, yaitu bobotnya yang jauh lebih tinggi daripada furniture biasa.

10. Bangku panjang

meja ruang tamu unik

Kamu dapat memiliki bangku yang panjang dan ramping untuk digunakan sebagai tempat duduk di meja. Namun kemudian, dapat digunakan sebagai alternatif meja ruang tamu unik.

Bangku panjang bisa menjadi solusi jika kamu tidak ingin memiliki meja kopi berbentuk persegi atau bundar. Selain itu, bentuknya yang panjang dapat membantu kamu meletakkan beberapa barang seperti gelas minum hingga piring camilan.

Nah itulah 10 alternatif meja ruang tamu unik, yang beda dari yang lain. Masing-masing ide meja ruang tamu unik di atas mampu menghidupkan ruang tamu secara signifikan. Kamu bisa mencapai semua hal tersebut tanpa harus mengeluarkan banyak uang juga.

Yang tersisa untuk kamu sekarang adalah mempertimbangkan ide-ide ini dengan hati-hati dan memilih yang mana yang menurutmu paling menarik. Setelah tahu meja kopi mana yang tepat, pastikan kamu juga tahu bagaimana cara menata meja kopi agar menarik!

Skills

,

Posted on

May 11, 2023

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.