10 Kelebihan Furniture Kayu Jati, Tahan Terhadap Cuaca Hingga Tahan Api

keunggulan furniture kayu jati

Kayu jati telah lama dihargai sebagai bahan yang kuat dan tahan lama dalam pembuatan furniture. Selain itu, furniture kayu jati juga dikenal karena keindahannya yang alami dan kemampuan untuk menyesuaikan dengan berbagai gaya dekorasi dan ruangan. 

Di Indonesia, furniture jati telah menjadi bagian dari budaya dan sejarah, dengan banyak pengrajin yang menghasilkan karya seni dan desain yang luar biasa dari kayu jati. Namun sayangnya, kayu jati dikenal dengan harga yang cukup fantastis, sehingga tak sedikit orang berpaling dari kayu ini kepada bahan-bahan lainnya yang lebih terjangkau.

Untuk membantu kamu dalam memahami mengapa kayu jati merupakan pilihan yang tepat sebagai furniture rumah, kali ini, Kedaimebeljati.com akan membahas lebih lanjut tentang kelebihan furniture jati, mulai dari kekuatannya hingga keindahannya. Yuk simak!

1. Furniture kayu jati memiliki kekuatan mekanik yang tinggi

keunggulan furniture kayu jati

Furniture kayu jati memiliki kekuatan mekanik yang tinggi karena serat kayu jati yang rapat dan padat. Serat kayu jati yang rapat dan padat membuat kayu jati sangat kuat dan tahan lama. Selain itu, kayu jati juga memiliki bahan kimia alami yang memberikan kekuatan tambahan pada kayu jati.

Kandungan tanin dalam kayu jati, misalnya, dapat meningkatkan kekuatan kayu jati dan membuatnya lebih tahan terhadap serangan rayap dan hama lainnya. Kayu jati memiliki kekuatan mekanik yang tinggi karena serat kayu jati yang rapat dan padat. Serat kayu jati yang rapat dan padat membuat kayu jati sangat kuat dan tahan lama.

Selain itu, kayu jati juga memiliki bahan kimia alami yang memberikan kekuatan tambahan pada kayu jati. Kandungan tanin dalam kayu jati, misalnya, dapat meningkatkan kekuatan kayu jati dan membuatnya lebih tahan terhadap serangan rayap dan hama lainnya.

Proses pertumbuhan kayu jati juga memengaruhi kekuatannya. Kayu jati yang tumbuh secara alami di hutan-hutan yang lebat dan berada di daerah tropis memiliki sifat pertumbuhan yang lambat. Hal ini menyebabkan cincin pohon kayu jati yang dihasilkan menjadi rapat dan padat, sehingga kayu jati memiliki kekuatan dan kekerasan yang tinggi.

2. Memiliki tingkat kekerasan yang tinggi

keunggulan furniture kayu jati

Bukan rahasia umum lagi jika furniture kayu jati memiliki tingkat kekerasan yang sangat tinggi. Bahkan sulit untuk diukir atau diolah dengan alat-alat yang biasa digunakan untuk mengolah kayu. 

Kayu jati memiliki tingkat kekerasan yang tinggi karena beberapa faktor. Seperti yang dijelaskan di atas, kayu jati memiliki serat yang rapat dan padat, sehingga membuatnya lebih kuat dan tahan lama. Selain itu, kandungan bahan kimia alaminya, yaitu tanin, juga berfungsi sebagai antioksidan dan meningkatkan kekuatan kayu jati.

3. Ketahanan terhadap hama dan serangga

keunggulan furniture kayu jati

Kayu jati memiliki sifat alami yang tahan terhadap hama dan serangga karena kandungan bahan kimia alami yang terkandung di dalamnya, seperti tanin, lignin, dan beberapa senyawa lainnya. 

Tanin merupakan senyawa yang terdapat di dalam kayu jati dengan konsentrasi yang tinggi, dan berfungsi sebagai antioksidan dan pengawet alami. Tanin juga memiliki sifat antibakteri dan antioksidan yang efektif dalam melindungi furniture kayu jati dari serangan hama dan jamur.

Selain tanin, senyawa lignin juga merupakan bahan kimia alami yang terkandung di dalam kayu jati. Lignin merupakan bahan yang memberikan kekuatan pada serat kayu, sehingga membuatnya lebih tahan terhadap serangan hama dan jamur.

Selain itu, dilansir dari hineighbor, kayu jati juga memiliki kandungan minyak alami yang berfungsi sebagai penghalau serangga, sehingga mampu melindungi kayu jati dari serangan serangga.

Selain sifat alami yang dimiliki kayu jati, faktor lain yang membuat furniture kayu jati tahan terhadap serangan hama dan serangga adalah teksturnya yang padat dan rapat. Serangga dan hama sulit untuk menembus kayu jati karena seratnya yang rapat dan padat, sehingga sulit untuk memakan kayu jati.

4. Ketahanan terhadap perubahan cuaca

keunggulan furniture kayu jati

Kita mungkin sering mendengar bahwa kayu jati digunakan sebagai furniture outdoor. Ini bukan tanpa alasan lho!

Selain senyawa lignin dapat mencegah kayu jati terkena serangan hama dan jamur, senyawa ini juga bertanggung jawab untuk memberikan kekuatan dan kekakuan pada selulosa dan hemiselulosa, dua jenis bahan kimia yang membuat struktur kayu menjadi rapat dan padat.

Karena kayu jati memiliki jumlah lignin yang tinggi, membuatnya lebih tahan terhadap kerusakan akibat sinar matahari dan cuaca.

Kemudian masih dilansir dari hineighbor, kayu jati juga memiliki kandungan minyak alami yang tinggi, yang membuatnya lebih tahan terhadap kerusakan akibat kelembaban dan serangan jamur/bakteri.

Dan karena memiliki serat yang rapat dan padat, membuat furniture kayu jati lebih tahan terhadap pengaruh lingkungan. Serat kayu yang rapat dan padat juga membantu menjaga kekuatan dan kekakuan kayu, sehingga membuatnya lebih tahan terhadap perubahan cuaca.

5. Ketahanan terhadap air

keunggulan furniture kayu jati

Karena kandungan minyak alami yang tinggi dan serat kayu yang padat, furniture kayu jati lebih tahan terhadap pengaruh air dan kelembaban. Inilah mengapa tak jarang dari masyarakat yang memilih set meja makan dari kayu jati agar tahan lama, meski seringkali dijadikan tempat untuk meletakkan makanan dan minuman. 

Kandungan minyak alami ini juga berfungsi sebagai bahan ‘penghalang’ yang membantu mencegah air dan kelembaban untuk meresap ke dalam kayu. Sehingga mampu mencegah terjadinya pembusukan dan kerusakan akibat kelembaban berlebih. 

Namun, meskipun kayu jati tahan terhadap air, tetap diperlukan perawatan dan perlindungan untuk menjaga kualitas dan keindahan furniture kayu jati.

Seperti penggunaan lapisan pelindung atau finishing, seperti cat atau pengawet kayu, serta menjaga kelembaban lingkungan di sekitar kayu jati agar tidak terlalu rendah atau terlalu tinggi. Dengan perawatan yang tepat, kayu jati dapat bertahan dalam waktu yang lama dan tetap terlihat indah dan tahan air.

6. Ketahanan terhadap api

keunggulan furniture kayu jati

Meskipun dikenal tahan terhadap air, ternyata furniture kayu jati juga tahan terhadap api lho! Hal ini karena lignin yang terdapat pada dinding sel kayu jati, memiliki sifat tahan terhadap api dan panas, sehingga mampu memberikan perlindungan pada kayu jati dari risiko kebakaran.

Selain itu, kayu jati juga memiliki kandungan air yang rendah, sehingga mengurangi kemungkinan terjadinya kebakaran akibat gesekan atau panas yang terus menerus. Dalam kondisi kering, kayu jati lebih sulit terbakar dan memberikan perlindungan tambahan pada bangunan atau furniture kayu jati.

7. Kestabilan dimensi yang tinggi

keunggulan furniture kayu jati

Seringkali furniture dengan bahan yang kurang baik, dapat memuai atau menyusut ketika mengalami perubahan cuaca atau terkena air dan mengalami kelembaban. Namun kamu tak perlu khawatir apabila memiliki furniture kayu jati di rumah. Hal ini karena kayu jati memiliki dimensi yang tinggi.

Kestabilan dimensi kayu jati tinggi karena adanya kandungan air yang rendah dan struktur sel yang padat serta rapat. Kayu jati memiliki tingkat kepadatan yang tinggi dan kekakuan yang baik, sehingga ketika terkena perubahan suhu atau kelembaban, kayu jati cenderung tidak mengalami perubahan dimensi yang signifikan.

8. Memiliki daya tahan yang tinggi

keunggulan furniture kayu jati

Furniture kayu jati sudah dikenal lama memiliki daya tahan yang tinggi bahkan bisa digunakan dalam jangka waktu yang sangat lama, tergantung dari kondisi dan perawatannya.

 Furniture dari kayu jati biasanya bisa digunakan hingga puluhan bahkan ratusan tahun, tergantung pada kualitas kayu, desain, kondisi lingkungan, dan perawatan yang dilakukan. Hal ini karena senyawa lignin dalam kayu jati juga berfungsi sebagai perekat antara serat kayu dan memberikan kekuatan serta kepadatan pada kayu. 

Pola kayu jati yang lurus dan teratur juga memberikan kekuatan yang baik pada kayu jati. Sehingga mampu meminimalkan kemungkinan retak dan kerusakan pada furniture kayu jati.

9. Memiliki daya tarik yang khas

keunggulan furniture kayu jati

Furniture kayu jati memiliki daya tarik yang khas, salah satunya adalah keindahan alami dari serat kayu jati yang menonjol dan beraneka ragam. 

Selain itu, kayu jati memiliki warna yang kaya dan variasi warna yang menarik, mulai dari coklat keemasan hingga coklat tua, yang semakin indah dengan bertambahnya usia kayu. Karena memiliki sifat yang kuat, tahan lama, dan stabil, sehingga mampu mempertahankan keindahannya selama bertahun-tahun

Selain itu, kayu jati mudah untuk diolah dan dapat dibentuk menjadi berbagai macam desain furniture yang indah dan elegan. Kayu jati dapat dipoles hingga menghasilkan permukaan yang halus dan mengkilap, atau diukir untuk memberikan detail yang menarik dan khas pada furniture.

10. Ramah lingkungan

keunggulan furniture kayu jati

Kayu jati dikenal sebagai kayu yang ramah lingkungan karena pertumbuhannya yang cepat dan proses penebangan yang dilakukan secara selektif.

Pohon jati yang telah mencapai umur 25-30 tahun dapat ditebang dan diperbaharui dengan menanam pohon jati yang baru. Selain itu, kayu jati dapat ditanam di berbagai jenis tanah dan iklim, sehingga dapat ditanam di banyak wilayah di dunia.

Selain itu, proses pengolahan kayu jati juga dilakukan dengan menggunakan teknologi yang ramah lingkungan, seperti penggunaan mesin-mesin modern yang efisien dalam penggunaan energi dan pengurangan limbah kayu.

Saat ini juga banyak pengusaha kayu jati yang menggunakan teknik pengolahan yang berkelanjutan, seperti penggunaan bahan kimia yang ramah lingkungan dan pengolahan limbah kayu menjadi bahan bakar alternatif.

Nah itulah 10 kelebihan furniture kayu jati, yang perlu kamu ketahui. Meski harganya cukup tinggi dibandingkan bahan lainnya, furniture kayu jati dapat menjadi investasi jangka panjang, jika melihat dari daya tahan dan kekuatannya. Tertarik untuk membelinya?

Skills

Posted on

April 4, 2023

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.