12 Ide Kitchen Set Modern dengan Kayu yang Mempercantik Area Dapur

kitchen set modern

Kitchen set moden dengan perpaduan kayu merupakan pilihan populer bagi mereka yang menyukai tampilan abadi atau klasik, belum lagi fakta bahwa kayu menjadi lebih baik seiring bertambahnya usia. Sayangnya, tak sedikit orang masih merasa bahwa kayu masih terlalu tradisional di rumah bergaya modern.

Padahal dalam beberapa tahun terakhir, ada sejumlah tren baru yang  menjadikan bahan pokok ini dipilih pada dapur yang modern. Misalnya perpaduan kayu berwarna gelap dan terang, kayu mentah dan kayu utuh, dan kitchen set yang dicat dengan warna kayu alami untuk menciptakan suasana baru yang santai di jantung rumah.

Jika kamu tertarik untuk memiliki tampilan abadi bergaya modern di area dapurmu, kali ini Kedai Mebel Jati telah menyiapkan beberapa ide untuk memberikan sentuhan kayu pada kitchen set di rumahmu. Yuk simak!

1. Menggunakan kitchen set modern dengan perpaduan kayu dan warna bold

ide kitchen set modern dengan kayu

Secara historis, kayu dipandang sebagai kebutuhan dalam pembangunan dapur. Namun semakin berjalannya waktu, tak sedikit produsen yang merubah warna kayu dengan cat untuk menyembunyikannya. Tetapi lama-kelamaan, keindahan kayu telah merangkul pecinta rumah bergaya modern saat ini.

Menggabungkan warna kayu dengan warna-warna yang bold adalah cara yang baik untuk diterapkan kitchen set modern. Terutama untuk meningkatkan dampak desain, terutama jika warna yang berani digunakan untuk memberikan kontras dengan kayu.

Kayu menghadirkan unsur kelembutan dan alam, yang jika dipasangkan dengan warna cat, dapat menghadirkan intrik dan keseimbangan.

2. Menggunakan meja island dari kayu

ide kitchen set modern dengan kayu

Keindahan alami dan kehangatan kayu, dipadukan dengan kekuatan dan ketahanannya, menjadikannya ideal untuk semua jenis lemari, termasuk kitchen set modern. Tetapi jika menurutmu kitchen set kayu tampak terlalu berat, mengapa tidak memanfaatkan kualitasnya pada meja island?

Seperti yang kita tahu, kayu terlihat lebih baik seiring bertambahnya usia dan mendapatkan lebih banyak karakter. Itu menjadikannya bahan yang ideal saat mempertimbangkan ide meja island dapur.

Selain menambah keindahan pada area dapur, meja island dapat digunakan sebagai tempat penyimpanan tambahan, memberikan ruang tambahan saat memasak di dapur, hingga berfungsi sebagai meja makan.

Meja island dari jati dapat digunakan untuk membuat titik fokus pada area dapur, yang juga dirancang sebagai pusat berkumpulnya keluarga dan kerabat di dapur. Warna yang hangat dan serat yang indah, membuat meja island kayu menonjol di antara kabinet yang menjadi latar belakang dapur.

3. Menggunakan pintu kayu panel pada kitchen set

ide kitchen set modern dengan kayu

Salah satu cara untuk memperkenalkan karakter modern pada dapur adalah dengan bermain tekstur.  Kayu bekerja dengan baik bila dilapisi dengan bahan alami lainnya, seperti ide meja dapur marmer dan granit.

Penggunaan kayu panel pada pintu kitchen set modern dapat digunakan untuk lebih meningkatkan desain. Selain itu, cara ini memperkenalkan fitur tiga dimensi yang menarik perhatian dan membuat dapur menjadi lebih unik.

Menariknya, selain digunakan pada pintu kitchen set, kamu juga bisa memanfaatkan panel kayu untuk menyembunyikan tudung ekstraktor di atas kompor yang tampak dingin.

Panel kayu juga berhasil menambah kesan kedalaman dan tekstur pada desain kitchen set modern.

4. Memberikan tampilan kitchen set modern dengan sentuhan rustic menggunakan kayu unfinishing

ide kitchen set modern dengan kayu

Kayu tersedia dalam banyak jenis, dan dalam potongan yang berbeda. Beberapa kayu memiliki serat vertikal yang konsisten, sedangkan yang lainnya memiliki pola yang kaya. Pilihan finishing, mulai dari lacquer dan stain, hingga minyak dan wax, juga dapat digunakan untuk meningkatkan warna dan serat, serta melindungi kayu itu sendiri.

Di dapur yang satu ini, penggunaan kayu unfinishing kasar dapat menambah kualitas pedesaan dan sederhana pada dapur bergaya modern.  Ini adalah pendekatan yang bagus untuk ide dapur yang memiliki perpaduan warna-warna lembut.

Dengan cara ini, kamu dapat menghindari ruang yang terasa dingin dan membosankan.

5. Pilihlah warna kayu yang abadi alias tak akan lekang oleh jaman dan tren

ide kitchen set modern dengan kayu

Dilansir dari Homes and Gardens, kayu dari hutan yang dikelola secara lestari, dikenal dapat didaur ulang dan terbarukan.

Artinya ini menjadikan pilihan yang lebih ramah lingkungan daripada banyak bahan lainnya. Ini juga menjadi alasan lain mengapa keindahan alamnya dapat ditunjukkan di dapur yang tak akan lekang oleh jaman dan tren yang selalu berkembang.

Dengan desain yang tepat, memastikan bahwa kamu memiliki kitchen set modern dengan kayu yang akan bertahan lama. Kitchen set dari kayu juga sangat tepat bagi orang yang mencari sesuatu yang akan bertahan dalam ujian waktu, baik secara praktis maupun dalam desain yang tak lekang oleh waktu.

Jika kamu ingin menggunakan kitchen set kayu, biarkan perabot ini bersinar dengan menampilkan serat dan corak warna yang indah.

6. Pilih kitchen set modern minimalis dengan daya tarik abad pertengahan

ide kitchen set modern dengan kayu

Jika tujuanmu dalam mendesain dapur adalah untuk menciptakan ruang yang tidak terasa seperti tempat memasak dan lebih seperti ruang bersantai, yaitu tempat membuat makanan sekaligus mengobrol dengan keluarga, maka pendekatan desain kitchen set modern yang sederhana mungkin menarik.

Penggunaan kabinet yang memiliki bagian depan kayu, mudah untuk digunakan dan tahan lama. Ini juga dapat hadir dengan banyak karakter, jika kamu memilih kayu atau finishing dengan serat atau tekstur yang mencolok.  

Kitchen set tanpa pegangan juga akan bekerja paling baik untuk menghasilkan konsep modern, dan bahkan dapat memberikan pemandangan untuk nuansa abad pertengahan yang halus.

7. Kombinasikan lemari dapur kayu dengan furniture kayu antik

ide kitchen set modern dengan kayu

Jika kamu ingin menciptakan tampilan dapur yang berfokus pada kitchen set modern namun menggunakan bahan kayu, salah satu caranya adalah dengan menggabungkan kitchen set bergaya modern dengan furnitur kayu yang antik.  

Misalnya seperti dapur yang satu ini, memiliki pintu pada kitchen set dan meja island dari kayu antik, yang dipadukan dengan kabinet dengan bagian depan kaca yang menciptakan kesan modern lebih lanjut di dapur ini.

8. Dapatkan desain kitchen set modern dengan perpaduan warna-warna kayu yang berbeda

ide kitchen set modern dengan kayu

Siapa bilang kayu hanya hadir dalam nuansa cokelat? Banyak yang belum tahu bahwa bahan alami ini juga bisa multi-warna, alias memiliki banyak warna.  Lihat desain kitchen set modern yang satu ini, di mana lemari kayu coklat dan krem ​​​​saling melengkapi satu sama lain dengan sangat baik.  

Saat menggunakan kitchen set dari kayu, gunakan kombinasi pintu lemari yang terbuka dan tertutup. Ini tidak hanya mencerahkan nuansa secara visual tetapi juga memudahkan untuk mengakses hal-hal penting.

9. Kitchen set modern yang menggabungkan kayu dan akrilik

ide kitchen set modern dengan kayu

Kamu mungkin akan menyukai desain yang inovatif namun berani ini! Kitchen set modern berbentuk L ini dibuat menarik dengan warna kontras. Kabinet kayu bawah berwarna coklat tua dengan lemari atas akrilik putih. 

Meja dan backsplash juga berwarna putih. Dan jika kamu bisa perhatikan, desain dapur ini penuh dengan tempat penyimpanan.  

Siapa sangka dapur sederhana ini bisa dioptimalkan dengan baik untuk pemanfaatan ruang?

10. Menggunakan satu nada warna pada semua elemen kayu di dapur

ide kitchen set modern dengan kayu

Cara termudah untuk memiliki Kitchen set dengan konsep modern yang dipenuhi kayu?

Kamu dapat berkomitmen pada satu warna kayu, mulai dari kabinet, rak, meja island, dan pintu kabinet. Bahkan agar lebih maksimal, kamu bisa menerapkan warna yang senada pada langit-langit ke lantai, dan dari dinding ke dinding.  

Tentu saja, warna kayu ini tidak harus menjadi satu-satunya warna di dapur. Kamu dapat menambah warna dan kontras, pada peralatan memasak, meja, dan dinding  yang dicat.

11. Pasangkan panel dinding kayu dengan ubin tile berwarna bold sebagai backsplash

ide kitchen set modern dengan kayu

Jika kamu ingin menerapkan konsep modern pada kitchen set serba putih di dapur, kamu bisa menambahkan secercah warna yang membuat dapur menjadi lebih menarik dan tidak membosankan.

Sebagai alternatif, kamu bisa menggunakan backsplash yang berani, yaitu penggunaan panel kayu dan ubin tile berwarna bold. Hal ini dapat bekerja sempurna pada dapur yang dirancang minimalis, karena keduanya dapat saling melengkapi satu sama lain.

12. Gunakan perpaduan kitchen set dari kayu dan marmer yang hampir cocok

ide kitchen set modern dengan kayu

Kayu dan marmer merupakan pasangan alami di dapur mana pun, dan meskipun tujuannya adalah memasangkan kayu terang dengan marmer gelap (atau sebaliknya), memadukannya dalam kitchen set modern dapat terlihat sama cantiknya.

Karena kita berbicara tentang kitchen set yang dipenuhi kayu, gunakan kayu sebagai titik awal, lalu pilih marmer yang cocok. Pendekatan monokromatik ini akan membuat dapur terasa dipenuhi kayu, meskipun bahannya seimbang sempurna.

Nah itulah 12 ide kitchen set modern dengan kayu yang dapat mempercantik area dapur di rumahmu. Seperti yang kamu bisa lihat di atas, kayu merupakan bahan serbaguna yang dapat dipasangkan dengan baik dengan berbagai skema warna hingga bahan yang berbeda. Manakah ide yang paling kamu sukai?

Skills

,

Posted on

May 9, 2023

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.