5 Inspirasi Tempat Penyimpanan Barang untuk Kamar Tidur Kecil

Tempat Penyimpanan Barang

Lemari adalah suatu keharusan bagi setiap pemilik rumah, untuk menyimpan pakaian, tas, dan meletakkan riasan hingga aksesori atau dekorasi di atasnya.

Namun ketika memiliki area kamar tidur yang lebih kecil, kamu mungkin menyadari bahwa tidak memiliki banyak ruang untuk lemari pakaian besar. Sehingga kamu harus memilih tempat penyimpanan barang yang bisa lebih kecil namun tetap bisa menyimpan banyak barang.

Ada beberapa jenis tempat penyimpanan barang lain yang dapat kamu gunakan untuk menyimpan barang-barang penting dan masih banyak lagi.

Untuk membantumu memilih furniture yang tepat, kali ini Kedai Mebel Jati telah menyiapkan beberapa alternatif untuk tempat penyimpanan barang, agar kamu bisa menyimpan pakaian dan tetap membuat kamar terlihat bagus.

1. Tempat tidur dengan laci

inspirasi tempat penyimpanan barang di kamar tidur kecil

Salah satu cara terbaik untuk menciptakan lebih banyak ruang penyimpanan di kamar tanpa menggunakan lemari yang menghabiskan lebih banyak ruang adalah tempat tidur dengan laci.

Tempat tidur dengan laci adalah tempat tidur biasa, tetapi bagian dalamnya berlubang (di bawah pegas kotak dan/atau kasur) sehingga kamu dapat menggunakan ruang tersebut sebagai tempat penyipanan barang tambahan.

Ini mungkin bukan tempat untuk menyimpan barang sehari-hari. Namun, ini adalah salah satu cara terbaik untuk menyimpan barang seperti bedcover, koper, dan barang-barang penting yang perlu kamu miliki di sekitar rumah, tetapi tidak menggunakannya setiap hari.

Tempat tidur dengan laci juga merupakan perabot yang ideal untuk dimiliki, jika kamu memiliki keterbatasan ruang di kamar tidur.

Jika kamu tinggal di apartemen kecil atau ingin memiliki lebih banyak ruang kosong agar kamar terlihat lebih besar, ini adalah salah satu cara paling inovatif untuk menyimpan semua barang tanpa menghabiskan lebih banyak ruang lantai.

Tempat tidur dengan laci juga tidak harus memiliki harga yang mahal dan dalam beberapa kasus lebih murah daripada tempat tidur standar.  Ini juga merupakan tempat tidur yang jauh lebih ringan untuk dipindahkan, karena kayunya berongga dari dalam.

Namun, karena bagian dalam berfungsi sebagai unit penyimpanan, ini juga berarti bahwa tempat tidur harus memiliki ketinggian tertentu dan tidak dapat menjadi tempat tidur yang rendah. Ini juga sangat cocok untuk kamar anak-anak yang memiliki banyak mainan juga.

2. Peti vintage

inspirasi tempat penyimpanan barang di kamar tidur kecil

Jika kamu bosan dengan tampilan lemari dan ingin sedikit mengubah konsep kamar, kamu juga bisa memiliki peti atau koper yang besar sebagai tempat penyimpanan barang di kamar.

Umumnya peti tidak mengambil lebih banyak ruang lantai daripada lemari biasa. Sebaliknya, karena peti akan lebih rendah tingginya, maka dapat diletakkan di kaki tempat tidur.

Sebuah peti atau koper akan menambah kesan vintage yang menawan ke kamar. Kamu dapat bereksperimen dengan berbagai gaya dan sentuhan akhir kayu, mungkin dengan menggunakan peti kayu dengan tampilan pedesaan.

Salah satu cara terbaik untuk menemukan peti yang bagus adalah dengan pergi ke pasar loak antik dan mempertimbangkan untuk membeli peti kayu bekas.

Kamu mungkin berpikir bahwa furniture bekas tidak bagus kualitasnya. Namun, dilansir dari worstroom.com, kayu tua adalah salah satu jenis kayu yang paling kokoh dan tahan lama.

Mereka telah dirawat dan terpapar elemen lebih lama, yang membuat mereka lebih kokoh. Inilah sebabnya mengapa kayu yang dikeringkan dan dirawat, bisa bertahan lebih lama daripada kayu dari pohon baru yang tidak dirawat.

Memiliki tempat penyimpanan barang dari peti kayu juga berarti kamu akan memiliki beberapa perabot desain vintage yang limited. Karena desain motif indah dari kayu yang sudah tua, sulit tersedia lagi di pasaran.

Selain itu, peti juga sangat bagus untuk menyimpan pakaian yang jarang digunakan dan dapat digunakan persis seperti kamu menggunakan lemari penyimpanan.

3. Lemari dua pintu

inspirasi tempat penyimpanan barang di kamar tidur kecil

Cara lain untuk memiliki tempat penyimpanan barang sekaligus mengubah desain interior kamar tidurmu, adalah dengan berinvestasi di lemari kayu dua pintu.

Kamu dapat memiliki lemari antik atau juga bisa mendapatkan desain yang minimalis modern. Lemari dua pintu akan menambah kehangatan lembut ke kamar. Semakin banyak kayu yang digunakan, maka membuat kamar semakin menawan dan hangat.

Tentu saja, tempat penyimpanan barang yang satu ini akan memakan lebih banyak ruang daripada dua pilihan sebelumnya. Tetapi kamu juga akan mendapatkan lebih banyak ruang penyimpanan di lemari, sehingga akan membebaskan sisa ruangan.

Alih-alih dipenuhi oleh laci di dalamnya, kamu memiliki satu ruang terbuka besar yang dapat kamu sesuaikan sesuai kebutuhan. Kamu dapat menggunakan lemari untuk pakaian, sepatu, dan bahkan untuk gadget penting, dll.

Carilah lemari yang memiliki setidaknya tiga rak dan sebaiknya satu set laci untuk menyimpan barang-barang berharga. Lemari juga lebih baik untuk pakaian karena kamu bahkan dapat mencegah pakaian memiliki garis lipatan yang muncul akibat dilipat.

Lemari juga dapat memiliki cermin di salah satu pintunya, sehingga kamu tidak perlu membeli cermin terpisah untuk kamar. Lemari yang dilengkapi dengan cermin ukuran penuh, juga dapat menghemat biaya tambahan.

Ada beragam lemari dengan berbagai finishing kayu, mulai dari kayu jati, birch, rosewood, dll. Lemari bisa menjadi salah satu harta yang paling berharga, bahkan diturunkan dari generasi ke generasi sebagai warisan keluarga.

4. Rak dengan pengait

inspirasi tempat penyimpanan barang di kamar tidur kecil

Tempat penyimpanan barang selanjutnya yang bisa kamu gunakan di kamar sempit adalah rak dengan pengait. Apakah kamu mencari tempat penyimpanan barang yang digunakan sehari-hari? Nah kamu dapat menghemat banyak ruang dengan memiliki rak pengait di dinding.

Ini mungkin terdengar seperti kamu hanya meletakkan rak yang diisi oleh barang-barang sehari-hari dan pakaian di dinding. Tetapi kamu tak perlu khawatir kamar akan terlihat berantakan. Terutama jika kamu melakukannya dengan benar.

Ini adalah cara yang bagus dan minimalis untuk meletakkan aksesori dan pakaian yang digunakan setiap hari seperti piyama, kaus, celana lari, kemeja, dll. Jika kamu tidak dapat menemukan rak yang memiliki pengait, kamu bisa menambahkan pengait sendiri.

Ada beberapa pengait dekoratif yang dapat kamu temukan di pasaran, dan hal baiknya tentang ide yang satu ini adalah kamu tidak perlu membayar ongkos kirim yang mahal untuk membeli pengait ke rumah.

Kamu bahkan dapat memasangnya sendiri, termasuk memasang pengait ke dinding, tanpa menghabiskan uang atau waktu ekstra. Kamu juga tidak perlu memerlukan bor, terlebih lagi karena kamu tidak menggantung sesuatu yang sangat berat.

Satu set pengait yang baik juga akan mencegah barang-barang menumpuk di kursi, di tempat tidur, atau di lantai. Segera kembali dari kantor atau sepulang hangout, kamu dapat menggantung pakaian yang masih bisa digunakan kecuali jika perlu segera dicuci.

5. Penyimpanan overhead (di atas kepala)

inspirasi tempat penyimpanan barang di kamar tidur kecil

Alternatif tempat penyimpanan barang yang bagus lainnya adalah membuat rak atau kompartemen penyimpanan di atas tempat tidur atau di atas lemari.

Ini adalah cara yang bagus untuk membebaskan lebih banyak ruang lantai. Selain itu, penyimpanan overhead juga menjadi pilihan yang baik jika kamu menggunakan tempat penyimpanan untuk menyimpan barang-barang kecil, atau untuk pakaian tidur dan bahan halus.

Ini bukan alternatif yang disarankan kamu akan menampung semua pakaian yang kamu miliki, karena berarti kamu harus memanjat tempat tidur setiap kali perlu mengeluarkan pakaian.

Rak di atas tempat tidur juga sangat cocok untuk dijadikan loker atau tempat penyimpanan barang-barang yang kamu simpan untuk digunakan lain waktu, seperti kosmetik, pakaian, dan mungkin satu atau dua buku yang bisa kamu baca sebelum tidur.

Nah itulah 5 inspirasi tempat penyimpanan barang untuk kamar tidur kecil. Alternatif tempat penyimpanan barang yang telah disebutkan di atas adalah beberapa cara yang paling bermanfaat, di mana kamu dapat menghemat lebih banyak ruang lantai sambil tetap memenuhi kebutuhan penyimpanan.

Kamu tentu dapat membuat kamar tidur yang sempit menjadi nyaman dan menyenangkan dengan sedikit kreativitas, bukan?

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.