Mau Beli Meja Makan ? Baca Ini Dulu

Semua Informasi Tentang Meja Makan Kayu Jati
Baca Artikel

Meja Makan Kayu Jati

Benda apa di rumah yang dapat menjadi pemersatu keluarga? Jawaban Anda mungkin beragam. Tetapi salah satu jawaban yang muncul adalah meja makan, terutama meja makan kayu jati. Ada apa dengan mebeler rumah yang satu ini? Apa jenis meja makan keluarga yang cocok dengan konsep rumah Anda? Bagaimana cara agar benda ini bisa berfungsi maksimal? Yuk, simak artikel berikut.

Kenali Dulu Meja Makan Dan Fungsinya

Pada dasarnya, yang disebut dengan meja makan adalah sebuah meja yang memang dibuat untuk digunakan bersama saat makan. Dengan dasar ini, meja makan dibuat dengan berbagai ukuran, mengikuti jumlah orang yang menggunakannya. Anda dapat mengamati berbagai ukuran meja ini pada rumah makan, biasanya yang berjenis makanan cepat saji. Di tempat sejenis itu, disediakan meja yang didesain untuk perseorangan, berpasangan, keluarga kecil (berempat), maupun keluarga besar (biasanya berjumlah 6 kursi ke atas). Tak jarang, bila memang diperlukan, beberapa disatukan untuk menghasilkan tempat makan yang dapat digunakan oleh banyak orang.

Mengikuti gaya barat, meja khusus ini didesain setinggi dada manusia pada umumnya saat mereka dalam posisi duduk. Dengan ukuran ini, orang yang sedang makan tidak mengalami kesulitan dan dapat menikmati makanannya dengan nyaman karena meja terlalu tinggi atau terlalu rendah. Selain itu, meja makan membuat makanan bisa ditaruh di depan, sehingga orang yang sedang makan dapat bergerak dengan lebih leluasa. Bandingkan dengan pola makan tanpa meja, dimana piring makan harus terus menerus dipegang dengan satu tangan. Tentu akan kesulitan bila harus makan dengan menggunakan alat makan sendok dan garpu.

Pada rumah tertentu, misalnya rumah pejabat, tersedia meja makan besar yang digunakan khusus untuk jamuan besar ketika ada tamu istimewa. Selain meja besar, tersedia pula meja makan sangat kecil, yang ditujukan untuk kegiatan makan camilan atau kegiatan makan personal. Tak jarang, meja kecil ini diletakkan di tempat-tempat tertentu misalnya taman, sehingga sambil minum teh dan makan camilan dapat menikmati udara segar dan pemandangan indah. Ada pula meja khusus yang didesain untuk kegiatan sarapan di atas tempat tidur. Meja ini memiliki kaki pendek sehingga orang yang makan tidak perlu meninggalkan tempatnya. Meja ini dapat digunakan oleh orang yang sedang sakit dan harus menjalani istirahat total.

Pada perkembangannya, meja makan kayu jati tak lagi hanya digunakan khusus untuk makan. Semakin sempitnya luasan rumah yang dapat diperoleh, mengakibatkan pemilik rumah harus kreatif agar kegiatan rumah tangga dapat terfasilitasi maksimal dengan mebeler yang ada. Salah satu kreativitas yang dapat dilakukan adalah menjadikan meja makan sebagai meja yang multifungsi. Saat jam makan, kegiatan makan dilakukan di meja tersebut. Tetapi ketika ibu membutuhkan meja untuk bekerja, ayah membutuhkan meja untuk menulis, dan anak membutuhkan meja untuk belajar, mereka dapat kembali berkumpul di meja makan, dengan aktivitas masing-masing. Dengan tujuan memaksimalkan berbagai keperluan ini, pastikan meja makan Anda dilengkapi dengan pencahayaan yang cukup.

Kegiatan berkumpul di meja makan dapat menjadi salah satu quality time keluarga. Saat semua menghadap meja makan, antar anggota keluarga dapat saling berinteraksi. Interaksi ini dapat berupa obrolan ringan, anak menceritakan kejadian unik di sekolah, orang tua dapat menanyakan respon anak tentang makanan yang tersaji, anggota keluarga menyampaikan rencana liburan akhir tahun, dan berbagai hal lain. Di luar jam makan, orang tua dapat menunggui anak mengerjakan tugas sekolah. Bila anak mengalami kesulitan, orang tua dapat membantu.

Interaksi ini dapat mempererat hubungan antar anggota keluarga dan menjadikan mereka merasakan kebersamaan dan ikatan. Pada keluarga tertentu, meja makan juga dijadikan lokasi rapat keluarga untuk membahas hal penting dan serius. Posisi badan yang dapat disetting duduk tegak saat menghadap meja makan menghadirkan suasana serius dalam rapat. Suasana ini cocok saat diperlukan pembicaraan keluarga yang memerlukan diskusi mendalam, misalnya tentang kedisiplinan anak.

Jenis Meja makan

Setiap keluarga memiliki konsep rumah dan pengaturannya. Konsep ini memengaruhi pilihan model rumah, cat, hingga mebeler di dalamnya. Salah satu yang memerlukan perhatian saat memilih mebeler adalah meja makan kayu jati.

meja makan kayu jati

Source: Pinterest.com

Berdasarkan jenis bahannya, meja makan dapat digolongkan menjadi meja makan kayu, meja logam, dan mix media. Meja kayu masih dapat digolongkan lagi menjadi meja kayu jati dan meja kayu lainnya. Meja kayu biasanya dibuat dari potongan kayu dan lembaran kayu, yang disatukan dengan lem dan konstruksi pendukung lainnya. Penampilan meja kayu umumnya dibiarkan sesuai warna aslinya, terutama jika meja dibuat dari kayu jati. Namun banyak pula yang memilih melapisi meja kayu dengan cat agar penampilan meja lebih menarik.

Meja kayu ada yang dibiarkan polos, namun ada pula yang dikreasikan dengan ditambahkan ukiran pada permukaannya. Ukiran dibuat dengan skill tinggi para tukang ukiran dengan alat pahat khusus, sehingga diperoleh bentuk yang menarik. Beberapa daerah memiliki motif ukiran yang khas, dan menjadi salah satu komoditi istimewa dari daerah tersebut. Sebagai contohnya adalah ukiran dari daerah Jepara.

Meja makan bahan kayu umumnya bersifat awet, terutama untuk meja yang dibuat dari kayu jati. Bila bahan meja bukan kayu jati, meja kayu terasa ringan dan terlihat lebih informal. Selain itu, mebeler kayu lebih lambat mengalami perubahan suhu. Pada malam hari, meja kayu akan terasa lebih hangat daripada meja logam maupun kaca. Tetapi, meja kayu juga memiliki kelemahan, salah satunya tidak tahan api. Meja kayu mudah mengalami perubahan warna, tekstur, dan bentuk bila bersinggungan langsung dengan benda yang suhunya tinggi.

meja makan jati

Source: Pinterest.com

Meja logam biasanya dibuat dari bahan besi, aluminium, atau logam lain. Meja logam relative mudah dibentuk, sehingga kreasi meja dari logam bermacam-macam. Terkadang meja logam dilapisi cat untuk memperindah penampilannya. Namun beberapa logam memiliki warna alami yang indah, sehingga tidak perlu dilapisi lagi. Meja logam mudah berubah karena suhu lingkungan, jadi bila diletakkan di luar rumah pada siang hari, meja akan terasa panas sehingga tidak nyaman digunakan. Sebaliknya, pada malam hari meja terasa sangat dingin.

Kelebihan meja logam yang terbuat dari besi adalah bobotnya, sehingga tidak mudah dipindah-pindah. Kelemahan meja logam adalah sifatnya yang dapat teroksidasi ketika bersinggungan dengan udara, terutama yang lembab. Untuk mencegah oksidasi atau korosi, atau biasa dikenal sebagai proses berkarat, dapat dilakukan upaya seperti pengecatan.

meja makan jati

Source: Pinterest.com

Meja dari kaca juga terlihat elegan dan unik. Umumnya, meja jenis ini dibuat dari kaca yang tebal dan bagian pinggirnya telah dihaluskan sehingga tidak berbahaya. Sebagian meja kaca tampil polos, tetapi ada pula yang telah dihias dengan berbagai motif menggunakan cat khusus. Meja dari kaca lebih tahan terhadap panas maupun kelembaban udara. Namun meja jenis ini perlu secara rutin dibersihkan. Umumnya, untuk membersihkan meja kaca tidak diperlukan peralatan dan pencuci khusus. Permukaan kaca dapat dibersihkan dengan lap halus yang dibasahi air.

Bila diperlukan, misalnya permukaan meja kaca terkena noda membandel, gunakan cairan pembersih khusus untuk kaca. Cairan ini membantu menghilangkan noda, sekaligus membuat permukaan kaca kembali cemerlang. Terlalu lama membiarkan noda pada permukaan kaca dapat menyebabkan kaca menjadi buram, berubah warna, sehingga penampilannya kurang baik.

Kelemahan meja kaca adalah kemungkinannya pecah. Pastikan penahan atau bagian bawah meja terbuat dari bahan yang kuat dan berada pada posisi yang tepat. Selain itu, hindari menekan bagian tengah kaca yang tidak memiliki penahan, atau meletakkan barang yang terlalu berat di atasnya. Saat ini bahan kaca telah dicampur dengan bahan lain sehingga saat pecah, serpihannya tidak berbentuk runcing. Namun risiko terluka tetap saja ada. Lebih baik meningkatkan pengamanan, jika memang tertarik menggunakan meja kaca.

Meja mix media biasanya dibuat dengan menggabungkan bahan logam dengan kayu atau plastik. Bahan logam dapat digunakan untuk kaki meja, sedangkan potongan kayu atau lembaran plastik tebal digunakan untuk permukaan meja. Meja jenis ini tersedia dalam berbagai bentuk dan ukuran, serta model rakitan ataupun permanen. Sesuaikan pilihan dengan kebutuhan Anda.

Selain itu, meja makan juga dapat dibagi berdasarkan bentuknya. Ada meja makan yang berbentuk bulat, persegi, maupun persegi panjang, dengan berbagai ukuran. Pilihan bentuk meja makan dapat disesuaikan dengan kondisi ruangan maupun selera pemilik rumah. Namun, meja makan berbentuk bulat umumnya lebih tepat digunakan untuk rumah dengan ruang makan yang sempit. Meja makan berbentuk bulat memungkinkan ruang gerak yang lebih besar.

Selain kategori di atas, terdapat berbagai variasi meja makan lainnya. Ada meja makan yang didesain memiliki bagian tengah yang lebih tinggi dari bagian pinggir. Bagian tengah ini memiliki poros, sehingga dapat diputar. Model ini dimaksudkan agar bila menghendaki salah satu masakan, tinggal memutar bagian tengah meja tanpa perlu mengganggu anggota keluarga lainnya.

Variasi juga muncul berupa desain meja dengan ukiran atau motif tertentu. Ukiran pada meja membuat penampilannya bertambah cantik. Para perajin telah menghasilkan berbagai variasi motif ukiran yang diaplikasikan pada meja makan. Salah satu kreasi yang unik adalah ukiran pada permukaan meja bagian atas, kemudian dilapisi dengan kaca. Selain nampak indah, pengguna meja tidak perlu menambahkan aksesoris berupa taplak khusus untuk mendapatkan penampilan meja yang  menarik. Semakin istimewa bila ukiran tersebut bersifat khas suatu daerah.

Tips Membuat Meja Makan Anda Luar Biasa

Penambahan fungsi meja makan kayu jati menjadi sarana untuk memenuhi berbagai keperluan lain adalah sebuah kebutuhan yang sifatnya khas untuk keluarga, sehingga tidak semua keluarga melakukan hal tersebut. Pada umumnya, meja istimewa ini tetap berfungsi hanya sebagai sarana berkumpul saat menyantap hidangan keluarga.

Berikut ini beberapa tips agar meja makan Anda berfungsi semakin maksimal.

  1. Sesuaikan Ukuran, Bahan, Dan Model

Rumah yang berukuran mungil, tentu tidak tepat jika menggunakan meja dengan bahan jati yang kesannya berat. Selain itu, meja dari bahan kayu jati memiliki bobot yang tinggi, sehingga sulit dipindah-pindahkan. Jika rumah Anda mungil, gunakan meja makan dari bahan lain yang lebih ringan. Fungsinya, untuk membuat suasana rumah selalu terlihat baru, Anda dengan mudah dapat memindah-mindahkan mebeler, termasuk meja makan.

Meja berbentuk bulat memungkinkan penataan kursi yang lebih maksimal di sekitarnya, tanpa memakan banyak tempat. Hal ini dapat menjadi pertimbangan bagi keluarga dengan ukuran ruang makan yang tidak terlalu luas.

Sesuaikan pula kursi yang digunakan. Jika meja makan juga difungsikan untuk kegiatan lain yang memerlukan duduk dalam waktu lama, pastikan memilih kursi yang dapat diduduki dalam waktu lama dengan nyaman. Selain itu, bagian bawah kaki kursi juga memiliki pengaman, sehingga kursi tidak mudah bergeser ketika diduduki.

Meja makan yang baik memungkinkan semua peserta makan dapat menjangkau makanan dengan mudah. Sesuaikan ukuran dengan jumlah anggota keluarga.

  1. Pelapis Yang Sesuai

Risiko memiliki meja makan adalah perubahan yang terjadi akibat ketumpahan makanan atau minuman. Pastikan memberikan pelapis yang sesuai pada meja makan. Sebagai contoh, meja makan kayu yang telah divernis dapat dibersihkan dengan mudah dari sisa makanan maupun minuman. Namun meja jenis ini tidak tahan panas, sehingga saat meletakkan panci yang masih panas, pastikan meletakkan pelapis tahan panas di bawahnya. Atau pastikan dengan produsen mebelnya agar menggunakan bahan finishing yang tahan panas.

Pelapis plastik juga dapat digunakan, terutama bagi keluarga yang masih memiliki anak kecil. Dengan pelapis plastik, sisa makanan dapat dibersihkan dengan mudah. Namun pastikan memasang plastik dengan aman dan rapi, sehingga terhindar dari risiko ditarik oleh anak.

  1. Lokasi

Letakkan meja di area yang memang ditujukan untuk makan. Umumnya, lokasi ini tidak jauh dari dapur sehingga ibu tidak terlalu repot memindahkan makanan yang telah selesai dimasak. Meja makan juga diletakkan tidak jauh dari sumber air minum dan lemari pendingin, untuk memfasilitasi kebutuhan minuman. Di Indonesia, umumnya meja makan juga tidak jauh dari colokan listrik, untuk mengakomodasi penggunaan alat penanak nasi. Akan lebih baik lagi bila lokasi meja makan juga memiliki pemandangan yang bagus dan sirkulasi udara yang lancar, misalnya di dekat taman bunga dengan diberikan pintu khusus dan dinding kaca.

  1. Meja Makan Di Luar Ruangan

Sesekali hadirkan suasana makan yang berbeda, misalnya dengan memindahkan meja makan ke halaman belakang rumah pada hari Minggu pagi. Udara segar, sinar matahari pagi, dan kebersamaan keluarga dapat menghadirkan pengalaman makan yang berkesan. Upaya ini juga dapat menambah keakraban antar anggota keluarga. Bila aktivitas ini dilakukan di malam hari, dapat diikuti dengan kegiatan bakar jagung atau makanan lainnya.

Meja makan untuk luar ruangan jika mau pakai kayu haruslah pakai kayu Jati, sebab kayu jati tahan terhadap air dan kelembapan tinggi misalnya embun pagi dan hujan sekalipun. Kayu jenis lain tidak tahan air dan cenderung cepat lapuk.

meja makan kayu jati

Source: Pinterest.com

  1. Etika Makan

Memiliki meja makan dan sering menggunakannya bersama anak merupakan sebuah kesempatan mengajarkan etika makan kepada anak. Anda tidak perlu mengajarkan etika makan lengkap, dengan kebutuhan perlengkapan yang juga banyak dan mahal. Setidaknya, ajarkan etika ketika makan seperti tidak bicara saat mulut penuh, tidak meniup susu di dalam gelas, dan latih mereka makan dengan rapi. Anda dapat mengajarkan bagaimana posisi tangan yang tepat saat berdiam di sekitar meja makan dan tata cara meminta tolong mengambilkan makanan.

Meja makan kayu jati ternyata bukan hanya sekedar tempat untuk makan masakan hasil karya ibu. Meja makan dapat pula digunakan untuk berbagai keperluan lain, seperti belajar, bekerja, rapat keluarga, dan lokasi tepat untuk mengajarkan etika makan kepada anak. Kreatiflah mengelola meja makan Anda agar dapat digunakan untuk berbagai keperluan kegiatan keluarga Anda. Sudahkah memaksimalkan meja makan Anda?

Gimana, apa ada ide keren untuk bisa memaksimalkan meja makan kayu jati? Yuk, tuliskan pada kolom komentar.

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *