( pcs)
GambarBarangjmlBeratTotal
keranjang belanja anda kosong
00,00Rp 0
Menu

Tips Menghindari Penipuan Mebel Jepara Saat Beli Online

Monday, August 6th 2018.

tips menghindari penipuan mebel jeparaMembeli barang pada zaman sekarang ini amat sangat mudah dengan keberadaan internet, kita tinggal masuk ke website toko online,pilih barang, klik beli, bayar dan setelah itu barang dikirim. Namun hal ini hanya bisa dilakukan pada website toko online yang besar dan terpercaya macam tokopedia atau lazada. Nah…ceritanya akan berbeda jika anda beli mebel langsung dari website atau akun media sosial seller nya. anda tidak tahu dengan siapa anda berhadapan, bagaimana reputasinya, terpercaya atau tidaknya dan lain2. berikut adalah beberapa tips menghindari penipuan mebel jepara yang beberapa waktu ini marak terjadi.

Tips Menghindari Penipuan Mebel Jepara :

  1. Bandingkan seller satu dengan lainnya. membandingkan beberapa seller untuk kepentingan anda sendiri itu boleh, namun membandingkan satu seller untuk menjatuhkan nilai / value seller yang lain itu tidak etis. dalam hal ini anda bisa membandingkan harganya, seberapa cepat respon dan luasnya pengetahuan mereka akan pertanyaan anda, kooperatifnya dll. banyaklah tanya, karena selain anda akan mendapat pengetahuan baru, anda akan lihat dan bisa menilai mana yang bener2 niat jualan dan mana yang cuman iseng atau bahkan menipu. anda hakimnya disini…
  2. Kenali seller anda, jangan hanya karena anda mendapat harga murah dari salah satu akun sosial media kemudian anda memutuskan untuk transfer uang. seperti point diatas, selidiki seller anda via google search, ketik nama, email, no Hp atau informasi apapun dan lihat hasil pencarian google. apakah informasinya sesuai dengan yang mereka bicarakan ? apakah ada prestasi2 yang mereka capai atau bahkan ada kasus2 yang berhubungan dengan penipuan ? apakah mereka punya website ? apakah akun sosial media mereka ter verifikasi ? apakah mereka punya badan usaha kayak CV atau UD ? oiyha…search alamat mereka di google map dan aplikasi sejenisnya please…google adalah teman terbaik anda dalam hal ini…
  3. Jangan tergiur dengan harga murah…! beberapa kali nama kami kedai mebel jati digunakan untuk menipu customer, kebanyakan dari malaysia. setelah kami selidiki, ternyata mereka tergiur dengan harga yang murahnya tidak masuk akal. sofa yang kami dan teman2 pengrajin mebel jepara lainnya biasa jual dengan harga 7 – 10 juta, dihargain 2,5 juta. murah sih…tapi percuma kalau pesanan anda gak dikirim dan penjualnya raib ditelan bumi. melanjutkan tips menghindari penipuan mebel jepara diatas, bandingkan dan kenali seller anda, tidak selamanya yang mahal itu berkualitas, namun tidak selamanya yang murah itu bisa dipertanggung jawabkan kebenarannya šŸ˜€
  4. Carilah referensi, ini adalah point terbaik tips menghindari penipuan mebel jepara jika anda tidak bisa datang langsung ke jepara. referensi terbaik tentu yang berasal dari seseorang yang pernah membeli dari sang seller. namun referensi dari sosial media juga bisa menjadi tolok ukur yang baik untuk pertimbangan anda.
  5. Datang langsung ke jepara, cara ini memang tidak praktis jika anda hanya beli satu kursi makan atau barang lain yang harganya murah. namun hal ini adalah sebuah keharusan jika anda membeli mebel jepara dalam jumlah banyak. misalnya anda membutuhkan mebel jepara untuk project rumah atau villa. anda harus datang ke jepara, tujuannya adalah anda bisa bertemu dengan seller nya dan melihat langsung tempat produksinya. seorang penipu akan kebingungan kalau anda datang ke jepara untuk melihat fasilitas produksi mereka. karena kebanyakan mereka tidak punya, namanya juga penipu…

Ciri2 Penipuan :

  • Harga jauh lebih murah dari yang ada dipasaran, hal ini memang tidak sepenuhnya benar karena harga murah bisa berasal dari…misalnya…barang lama sisa stock gudang dan barang bekas / refurbish yang memang dijual dengan harga murah biasanya. namun barang yang kelewatan murahnya bisa menjadi indikator supaya kita lebih hati2 dengan sellernya.
  • Seller tidak komunikatif dan wawasan akan produk jualannya minim. yeah…namanya juga kerjanya menipu, ditanyain mebel ya…begitulah.
  • Memburu supaya secepatnya ditransfer pembayarannya. belum juga pertanyaan2 anda dijawab dengan jelas sudah minta DP, advance payment pulak. lagi…ini bisa dijadikanĀ indikator supaya kita lebih hati2 dengan sellernya.
  • Informasi akun baik sosial media, no telp atau umur domain website yang relatif “baru” juga bisa dijadikan warning, logikanya seorang pengusaha yang asli bakal berpikir sejuta kali untuk mengganti nomer telp nya atau domain websitenya. beda dengan para penipu yang hit and run, habis kena mangsa satu menghilang dan mulai dari awal lagi.
  • Selalu keberatan jika anda hendak visit ke tempat produksi dia. memang ini tidak sepenuhnya benar karena banyak adik2 remaja jepara yang “nyambi” jualan mebel tanpa punya tempat produksi. ini halal2 saja kok selama tidak menipu. namun biasanya adik2 penjual “Onlenan” akan berkata jujur dengan kondisinya dan mempersilahkan customer mereka untuk datang ke jepara.

Apa yang harus anda lakukan kalau sudah tertypu ?

Kumpulkan semua bukti pembayaran, screenshot percakapan baik WhatsApp, BBM, Sms atau apapun dan diskusikan dengan kepolisian terdekat. anda juga bisa minta bantuan ke rekan2 pengusaha mebel jepara di group facebook siapa tahu ada informasi yang bisa didapat disana. Kami akan senang membantu karena bagaimanapun juga, mebel jepara adalah ladang kami, jangan sampai dirusak oleh orang2 yang tidak bertanggung jawab.

Kesimpulan :

Penipuan ada sejak jaman purbakala, jadi meskipun itu salah, namun kita tidak bisa merubah dunia. yang bisa kita rubah adalah diri kita sendiri. jadi untuk menghindari penipuan saat bertransaksi online, baik mebel, pakaian, makanan dll, tolong…didiklah diri anda sendiri. educate yourself to become smart buyer. semakin pintar anda, maka semakin sulit anda untuk ditipu. sedang bagi para penipu…F#*k them dan biarkan kepolisian yang menangani, sambil tetap berdoa semoga mereka segera mendapat hidayah.

Sekian tips menghindari penipuan mebel jepara menurut versi kami, jika bermanfaat ya syukurlah, kalau tidak bermanfaan ya silahkan cari referensi yang lain, memang begitulah internet seharusnya digunakan. Kami akan update lagi jikalau ada informasi lain yang mungkin kelewatan. Matur nuwun…Zulham Efendi

Berikut informasi yang mungkin bermanfaat :

Group facebook jepara :Ā https://facebook.com/groups/1jepara/

No telpon Polres Jepara :Ā (0291) 591310

Produk terbaru

Rp 5.770.000
Order Sekarang » SMS : 081-215337504
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
KodeMVJ 058
Nama BarangSOFA MEWAH MODEL KLASIK VICTORIA TERBARU
Harga Rp 5.770.000
Lihat Detail
Rp 3.200.000
Order Sekarang » SMS : 081-215337504
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
KodeMVJ 061
Nama BarangSOFA VINTAGE MINIMALIS LOVESEAT
Harga Rp 3.200.000
Lihat Detail
Rp 850.000
Order Sekarang » SMS : 081-215337504
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
KodeMVJ 072
Nama BarangSTOOL MODEL MINIMALIS UNIK
Harga Rp 850.000
Lihat Detail
Rp 4.315.000
Order Sekarang » SMS : 081-215337504
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
KodeMVJ 087
Nama BarangRAK BUKU CLASSIC AMERICAN BARN STYLE
Harga Rp 4.315.000
Lihat Detail
Rp 4.550.000
Order Sekarang » SMS : 081-215337504
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
KodeMVJ 093
Nama BarangTEMPAT TIDUR VINTAGE SCANDINAVIA MINIMALIS
Harga Rp 4.550.000
Lihat Detail
Rp 1.540.000
Order Sekarang » SMS : 081-215337504
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
KodeMVJ 086
Nama BarangNAKAS MINIMALIS MODEL VINTAGE 2 LACI
Harga Rp 1.540.000
Lihat Detail

Produk Sale