5 Tips Memilih Tempat Tidur Anak yang Tepat, Jangan Sampai Salah!

tips memilih tempat tidur anak

5 Tips Memilih Tempat Tidur Anak yang Tepat – Anak tumbuh begitu cepat, bukan? Suatu saat bayi mungil tidur di samping di ranjang bayi, dan selanjutnya kamu membersihkan kamar cadangan dan mengubahnya menjadi kamar tidur anak yang layak, dengan menyediakan tempat tidur pertama untuknya.

Menyiapkan tempat tidur anak adalah saat yang menyenangkan bagi orangtua dan anak. Namun, ada banyak hal yang perlu dipertimbangkan, yang dapat membuatnya menjadi tugas yang cukup menakutkan bagi sebagian orangtua

Bagaimana tidak, ini menjadi tanggung jawab orangtua dalam menyiapkan tempat bagi anak-anak untuk tidur, bermimpi, bermain, belajar membaca, bertumbuh, dan bercerita bersama teman-temannya.

Dan mereka akan mengingat kamar tidur masa kecil mereka selamanya. Jadi, penting untuk melakukannya dengan benar. Lantas bagaimana tips memilih tempat tidur anak yang tepat? Simak informasinya yang telah kami rangkum di bawah ini ya!

1. Tempat tidur aman dengan pelindung tempat tidur, rel samping, atau panel

memilih tempat tidur anak

Setiap dari kita pasti pernah mengalami jatuh dari tempat tidur yang menyebabkan lutut lecet atau benjolan besar di dahi.

Dan karena insiden ini dan insiden serupa lainnya (misalnya saat anak tersandung kakinya sendiri atau ambang pintu), setiap tempat tidur anak perlu dilengkapi dengan beberapa pengamanan. Apa yang tidak boleh dilewatkan oleh tempat tidur?

Semua tepi tempat tidur anak harus membulat, permukaan rata, dan sandaran kepala di atas dan di bawah tempat tidur.

Jika kamu memiliki anak-anak yang lebih kecil, sebaiknya memasang rel samping ke tempat tidur anak, yang akan melindungi mereka dari cedera yang tidak terduga. Saat anak mencapai usia tertentu, rel samping dapat dilepas dengan mudah sehingga tidak mengganggu.

Tak dapat dipungkiri, anak-anak kecil juga banyak yang berputar seperti jarum jam saat tidur. Sehingga harus disediakan panel yang diletakkan di dinding di samping tempat tidurnya. Kamu dapat memilih salah satu bantal (tetapi dapat dengan mudah dilepas ke bawah) atau bantalan pelindung yang menempel di dinding.

Pilih warna favorit anak, dan kamu dapat yakin bahwa si kecil tidak akan terluka di malam hari dan akan terlindung dari dinding yang dingin.

2. Memastikan tempat tidur anak memiliki ketinggian yang tepat

memilih tempat tidur anak

Tips memilih tempat tidur anak berikutnya adalah memastikan kenyamanan maksimal dan istirahat yang mencukupi, penting untuk memilih ketinggian tempat tidur yang tepat.

Dilansir dari benlemi.com, untuk anak yang lebih kecil, tinggi tempat tidurnya harus sekitar 25 cm, sehingga mereka tidak perlu memanjat tempat tidur dengan bantuan. Tujuannya adalah untuk mengajari anak berbaring sendiri tanpa bantuan lebih lanjut.

Tempat tidur anak dengan ketinggian sekitar 45 cm, lebih cocok untuk anak-anak yang lebih besar atau bahkan orang dewasa. Namun, pilihan terbaik adalah memilih tempat tidur yang akan tumbuh seiring pertumbuhan anak.

Sebagai salah satu tempat tidur paling ekonomis, orangtua dapat memilih tempat tidur yang tingginya dapat disesuaikan dengan bantuan kaki tempat tidur tambahan. Kaki tempat tidur tambahan ini dapat membuat tempat tidur lebih tinggi 20 cm.

Dan sebagai hasilnya, tempat tidur yang sebelumnya dibeli untuk anak berusia lima tahun dapat, hanya dalam beberapa tahun dapat diubah menjadi tempat tidur anak sekolah di mana dia atau dia bisa tertidur 5 tahun lagi.

3. Pilih tempat tidur anak dengan daya tahan yang bagus

memilih tempat tidur anak

Anak-anak suka melompat-lompat di tempat tidur, bukan? Yup, itu hanya salah satu fakta kehidupan. Mereka juga suka mengajak saudara, sepupu, dan teman mereka untuk melompat di tempat tidur bersama mereka.

Jadi, tidak seperti tempat tidur biasa, tempat tidur anak harus memiliki daya tahan yang serius. Untuk tempat tidur anak, kamu bisa memilih tempat tidur dari kayu solid atau kayu komposit berkualitas tinggi.

Pilihlah jenis tempat tidur dengan rangka kayu jauh lebih tebal daripada di tempat tidur single orang dewasa. Pastikan juga itu sepenuhnya tahan pantulan dan ‘childrenproof‘.

Salah satu kelebihan lainnya dari tempat tidur kayu adalah perawatannya. Setiap orang tua pasti pernah mengalami situasi ketika sang anak yang tangannya kotor, menyentuh segala sesuatu yang ada di sekitarnya.

Jika ada debu atau kotoran lainnya, kamu cukup menggunakan kain kecil basah untuk membersihkannya tempat tidur kayu dengan benar.

4. Pilih tempat tidur yang sekaligus dengan tempat penyimpanan

memilih tempat tidur anak

Untuk orang sekecil itu, anak-anak mengumpulkan banyak sekali barang. Baik itu, mainan, buku, karya seni, pakaian, sepatu, tas sekolah, peralatan olah raga, dan masih banyak lagi. Menariknya, saat mereka tumbuh, semua barang ikut meningkat dengan sangat cepat.

Jadi, sangat bermanfaat untuk memikirkan bagaimana tempat tidur anak dapat membantu kamu dengan memberikan tempat penyimpanan tambahan sejak awal, sebelum kamar tidur yang berantakan terjadi setiap saat.

Mulai dari tempat tidur kabin dengan laci tambahan, sandaran kepala tempat penyimpanan, hingga tempat tidur tingkat yang bisa meletakkan lemari dan tangga penyimpanan di bawahnya.

Ada banyak pilihan cerdas yang membantu kamu menyelesaikan masalah dalam hal penyimpanan barang-barang anak sejak awal. Namun jika kamu berniat merakit tempat tidur anak sendiri, penting untuk memastikan kamu memilih tempat tidur yang mudah dipasang.

Jika kamu membuat tempat tidur sendiri, pastikan untuk mengikuti petunjuk perakitan langkah demi langkah. Selain itu, banyak tempat tidur anak yang dilengkapi dengan tambahan jasa pemasangan, sehingga kamu dapat sepenuhnya yakin bahwa tempat tidur anak telah dirakit secara profesional dan benar.

5. Memilih jenis kasur yang tepat untuk pertumbuhan yang sehat

memilih tempat tidur anak

Bukan hal yang mengherankan apabila bagian terpenting dari setiap tempat tidur adalah kasurnya. Karena, meski memiliki tempat tidur yang indah dan mewah, namun tidak dilengkapi dengan kasur yang tepat, maka tidur pun akan menjadi tidak nyaman dan menjadi mimpi buruk.

Untuk menghindari masalah kelainan pertumbuhan atau skoliosis pada anak, pastikan untuk memilih kasur atau matras dengan tingkat kekokohan yang lebih tinggi.

Selain itu, setiap orangtua pasti tahu bahwa ada “kecelakaan” tertentu yang terjadi dari waktu ke waktu karena memiliki anak kecil. Misalnya, anak bisa mengompol atau mengotori tempat tidur dengan makanan yang dibawa diam-diam.

Untuk menghindari masalah pembersihan, dapatkan kasur dengan pelapis yang dapat dengan mudah dilepas dan dicuci di mesin cuci bahkan pada suhu 60 derajat. Cuci bersama sprei untuk menghilangkan semua kuman dan noda sekaligus.

Nah itulah 5 tips memilih tempat tidur anak yang tepat. Mendapatkan tempat tidur sendiri bisa menjadi waktu yang sangat menyenangkan bagi setiap anak-anak. Sebagai orangtua, kamu harus mempertimbangkan untuk menyertakan anak dalam proses pemilihan tempat tidur anak.

Ini membuat anak memiliki tempat tidur yang benar-benar mereka sukai. Ini memungkinkan juga bagi anak untuk memilih tempat tidur yang mencerminkan kepribadian mereka. Selain itu, memilih gaya yang mereka sukai dapat membantu membuat transisi dari tidur bersama orangtua ke tidur sendiri menjadi lebih mudah.

Skills

,

Posted on

May 22, 2023

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.