8 Cara Merawat Meja Makan Kayu Solid, Agar Bersih dan Tahan Lama

cara merawat meja makan kayu

Siapa yang memiliki meja makan terbuat dari kayu solid? Yup, tentu banyak dari kalian yang menggunakan meja makan kayu solid. Kayu mungkin merupakan bahan yang paling umum untuk meja makan.

Meja makan kayu solid yang dipilih dengan hati-hati adalah bagian tengah yang indah, dan dapat dengan mudah bertahan dari generasi ke generasi di rumah. Namun agar memertahankan keindahannya, meja makan kyu solid perlu mendapat manfaat dari perawatan dan pemeliharaan.

Itulah mengapa pentingnya mengetahui cara untuk membersihkan dan merawat meja makan kayu solid, dari metode pembersihan sehari-hari hingga pembersihan mendalam dan beberapa pengobatan rumahan.

Untuk membantumu merawat dan memelihara meja makan kayu solid, kali ini, kami telah merangkum 8 cara merawat meja makan kayu solid agar bersih dan tahan lama.

1. Perhatikan penempatan meja makan

merawat meja makan kayu solid

Tahukah kamu bahwa penempatan meja menjadi hal penting yang dapat memengaruhi ketahana sebuah meja makan. Ini adalah cara merawat meja makan kayu yang pertama dan susah2 mudah.

Apa yang harus kamu perhatikan di sini adalah meja makan kayu solid jangan ditempatkan pada area yang terlalu banyak panas atau terlalu banyak kelembapan. Jadi jangan letakkan meja makan di tempat yang terkena sinar matahari langsung atau di atas radiator.

Perubahan suhu dan kelembaban dapat menyebabkan bengkok atau pecah, jadi pilihlah tempat yang strategis tentang penempatan meja dan kursi makan. Jika memungkinkan pertimbangkan untuk memasukkan pelembab udara atau AC di dalam ruangan.

2. Rutin membersihkan meja makan kayu solid

merawat meja makan kayu solid

Hal penting berikutnya adalah membersihkan meja setelah digunakan dengan kain lembut, setelah meletakkan makanan atau membersihkan minuman yang tumpah.

Kain mikrofiber adalah yang terbaik, tetapi kain bebas serabut apa pun atau bahkan kaus yang sudah tak digunakan akan menjadi pilihan yang baik. Cukup basahi sedikit dan segera bersihkan setelah makan atau tumpahan, untuk mencegah noda menempel.

Jika meja makan kayu solid memiliki noda minyak yang harus ditangani, larutan cairan pencuci piring dan air yang sangat encer dapat digunakan.

Penting juga untuk sering-sering membersihkan debu. Meskipun partikel kecil debu mungkin tampak tidak berbahaya, tetapi penumpukan debu yang cukup dapat menggores permukaan kayu solid. Debu setidaknya dihilangkan setiap minggu dengan kain lembut, yang bebas serat.

Jauhi pemoles debu khusus, karena mengandung silikon yang dapat meresap ke dalam serat kayu dan bisa merusaknya untuk selamanya. Sebagai gantinya, basahi sedikit kain dengan air atau gunakan kain mikrofiber yang akan membuat debu menempel dengan sendirinya.

3. Bersihkan meja makan kayu solid menyeluruh dua kali setahun atau lebih

merawat meja makan kayu solid

Bahkan dengan pembersihan harian, meja dan kursi solid akan benar-benar mendapat manfaat dari pembersihan menyeluruh, yang bisa dilakukan minimal sekali atau dua kali setahun. Dilansir dari furniturechoice.co.uk, untuk melakukannya kamu dapat mengikuti cara berikut ini:

Alat dan bahan yang diperlukan:

  • Detergen piring
  • Air hangat
  • Cuka putih
  • Dua kain mikrofiber
  • (Opsional) Pengikis pot plastik

Cara melakukan:

  1. Mulailah dengan membuat larutan air hangat yang diencerkan dengan sabun cuci piring yang lembut. Atau untuk pembersihan yang lebih lembut, pilihlah cuka putih. Takaran yang baik untuk digunakan adalah 240 ml (1 cangkir) air dengan 45 ml (tiga sendok makan) cuka.
  2. Selanjutnya, bersihkan debu yang menempel di meja dan kursi dengan mengelapnya menggunakan kain. Setelah itu, celupkan salah satu kain mikrofiber ke dalam larutan dan mulailah menyeka meja makan kayu solid, kerjakan dari satu bagian ke bagian lainnya.
  3. Hindari merendam kayu dalam air dan selalu sediakan kain kering dan lembut, untuk memastikan kamu segera mengelap kelembapan berlebih untuk menghindari penyerapan dan lengkungan.
  4. Jika di meja makan kayu solid memiliki noda atau kotoran yang membandel, jangan pernah menggunakan produk pembersih abrasif/spons/penggosok besi untuk membersihkan meja dan kursi, karena dapat menggores permukaan dan merusak lapisannya. Sebaliknya, pengikis dari plastik atau bahkan kartu kredit bisa menjadi alternatif yang baik.

4. Lindungi dan kembalikan kilau kayu dengan lilin atau minyak

merawat meja makan kayu solid

Setelah meja makan kayu solid dibersihkan dan dikeringkan, kamu dapat memulihkan dan melindungi kilau alami serta meningkatkan kembali tampilan meja makan.

Gunakan kain kasa atau kain mikrofiber, dan aplikasikan lilin semi-padat atau carnauba. Caranya adalah dengan memolesnya dengan gerakan melingkar yang kuat untuk mendapatkan kilau yang indah dan lembut.

Jika kamu tidak memiliki lilin, atau kekurangan waktu untuk pergi ke toko perangkat keras, yang dibutuhkan hanyalah bumbu-bumbu masak di dapur. Cukup campurkan 1 sendok makan cuka dengan 3 sendok makan minyak zaitun, dan gunakan kedua bahan ini untuk membuat semir rumahan yang mudah.

5. Campurkan beberapa produk rumah tangga untuk membersihkan meja makan kayu solid

merawat meja makan kayu solid

Seperti yang telah kita bahas di atas, cuka dan minyak zaitun dapat berfungsi ganda sebagai semir dan pembersih untuk meja makan kayu solid, tetapi ada bahan rumah tangga lain yang dapat berfungsi sebagai pembersihan alami dan cepat. Contohnya:

  • Angkat noda air dengan mayones

Sangat mungkin bahwa jika kamu memiliki tanda air di meja. Jika tanda air ini menempel pada lapisan lilin, kamu dapat menggosoknya dengan mayones. Ini akan berhasil menghilangkan noda dan memberikan sedikit polesan dalam prosesnya!

  • Gunakan teh untuk mendapatkan kilau yang indah

Seduh dua kantong teh hitam dalam panci berisi air mendidih, lalu biarkan hingga dingin. Setelah itu, gunakan kain lembut, rendam dalam teh, peras, dan lap pada meja makan kayu. Ini akan memberikan pelindung alami dan kilau lembut.

  • Oleskan baking powder untuk bekas yang membandel

Untuk noda tinta atau cat (atau noda lain yang terus menempel), campurkan 1 sendok makan soda kue dan sedikit air, hingga menjadi pasta. Cukup aplikasikan ke meja atau kursi Anda dengan kain lembut, dan gosok sampai noda memudar atau hilang.

6. Gunakan coaster untuk mencegah cincin putih di atas meja makan kayu solid

merawat meja makan kayu solid

Minuman yang lezat itu mungkin menyegarkan dan lezat untukmu atau tamu, tetapi kondensasi gelas adalah penyebab signifikan kerusakan kelembaban pada lapisan meja makan yu solid.

Jika kamu pernah melihat meja -meja lama dengan berbagai cincin putih di atasnya, itu bisa terjadi akibat mengabaikan pentingnya menjaga kondensasi menjauh dari bagian atas meja. Untungnya ada cara untuk menghindari ini!

Biasakan untuk menggunakan coaster atau yang kita kenal dengan tatakan, pelindung dari kerusakan berbasis cairan. Coster atau tatakan akan mencegah air mencapai meja dan merusak bagian atasnya. Gunakan coaster untuk menjaga meja agar terus terlihat baru dan bebas kerusakan.

7. Menggunakan bantalan pemanas untuk mencegah kerusakan pada pernis

merawat meja makan kayu solid

Barang panas juga menimbulkan risiko merusak lapisan. Aturan praktis yang perlu diingat adalah, Jika terlalu panas untuk dipegang, maka juga terlalu panas untuk diletakkan di atas meja. Menempatkan benda panas di atas meja makan kayu solid juga akan merusak pernis dan menyebabkan noda panas.

Untungnya kamu bisa menggunakan lap atau bantalan pemanas untuk masalah pemanasan. Gunakan lap atau bantalan pemanas untuk menyerap panas di atas meja. Ini memungkinkan kamu untuk menempatkan kue, panci, wajan, dan benda panas lainnya di atas meja dengan risiko kerusakan yang lebih rendah.

8. Gunakan taplak meja

merawat meja makan kayu solid

Jika kamu menjadi tuan rumah pertemuan besar atau makan malam keluarga besar, pertimbangkan untuk menggunakan taplak meja. Meskipun kamu mungkin tergoda untuk membiarkan meja makan kayu solid menjadi pusat perhatian, kelompok besar membuat risiko tumpahan yang lebih tinggi.

Cegah noda yang berhubungan dengan makanan dengan menggunakan taplak meja. Taplak meja akan menanggung beban kerusakan yang mungkin ditimbulkan oleh setiap makanan, saus, minuman, atau makanan penutup, memberikan lapisan tambahan antara makanan dan meja.

Ingatlah untuk melepas, mengubah, atau mencuci taplak meja secara teratur. Taplak meja tidak dimaksudkan untuk digunakan pada meja kayu solid sepanjang waktu, dan jika kamu tidak membersihkannya dengan rutin, ini berisiko memiliki penumpukan lengket antara taplak meja dan meja makan kayu solid yang indah.

Itulah informasi seputar cara merawat meja makan kayu solid, agar bersih dan tahan lama. Memiliki meja makan kayu solid mungkin tampak menakutkan jika mengingat harga dan perawatannya. Tetapi jika kamu mengikuti langkah-langkah sederhana yang telah diuraikan, meja makan kayu solid akan bertahan lama dan memberikanmu kenangan yang tak terhitung jumlahnya.

Skills

,

Posted on

June 9, 2023

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.