7 Jenis Kayu untuk Meja Makan yang Kuat dan Tahan Lama

kayu untuk meja makan

Meja makan merupakan poin penting dalam ruang makan. Karena di tempat inilah kamu dapat makan bersama keluarga dan keluarga, sambil berkomunikasi dan bercanda gurau usai makan. Saat memilih meja makan, ada beberapa material yang tersedia. Contohnya adalah kayu.

Ketika kamu memilih kayu solid untuk meja makan, ada banyak hal berbeda yang perlu dipertimbangkan. Mulai dari bentuk, ukuran, jenis kayu untuk meja makan apa yang harus dipilih, hingga warna atau hasil akhir yang harus kamu aplikasikan.

Memilih bahan yang tepat untuk meja makan adalah pertimbangan penting. Tetapi dengan begitu banyak pilihan di luar sana, sulit untuk mengetahui jenis kayu apa yang tepat.

Nah untuk membantu kamu, Kami telah telah mengumpulkan semua yang harus kamu ketahui sebelum membelinya, mulai dari jenis kayu untuk meja makan yang kuat dan tahan lama.

Jenis Kayu untuk Meja Makan Terbaik

Jika kamu memutuskan bahwa meja makan dengan bahan kayu solid cocok untuk mengisi ruang makan di rumahmu, maka ada banyak jenis kayu berbeda untuk dipertimbangkan berdasarkan tampilan keseluruhan yang ingin dicapai. Berikut jenis kayu untuk meja makan yang bisa kamu pilih:

1. Kayu jati

jenis kayu untuk meja makan

Kayu jati memiliki kandungan minyak yang sangat tinggi sehingga sangat tahan cuaca. Ini menjadikannya pilihan yang bagus untuk kayu furniture taman. Sifat alami kayu jati juga membuatnya tahan terhadap cahaya dan panas, sehingga menjadikannya pilihan yang tepat sebagai kayu untuk meja makan.

Kayu jati juga berwarna kuning keemasan, dengan garis-garis coklat tua dan emas saat baru dipotong. Seiring waktu, warna ini menjadi cerah saat mengering, memberikan tampilan tua yang unik.

Kayu jati adalah pilihan yang sangat tahan lama untuk meja kayu solid, namun jenis kayu untuk meja makan ini cenderung datang dengan label harga tertinggi. Dan karena alasan itu, meja makan kayu jati mungkin tidak cocok untuk mereka yang memiliki anggaran terbatas.

2. Kayu ek

jenis kayu untuk meja makan

Ek atau oak adalah kayu yang indah dan umumnya keras. Sehingga kayu untuk meja makan ini dikenal tahan lama, dan mampu menahan penggunaan terus-menerus. Selain itu, meja dari kayu ek juga memiliki keindahan alam abadi yang sulit ditiru.

Karena pohon ek membutuhkan masa pertumbuhan yang lebih lama, kayunya cenderung lebih mahal. Sehingga bisa menjadi pilihan yang tepat jika kamu ingin berinvestasi pada perabotan makan yang akan diteruskan pada generasi selanjutnya.

Namun, pertumbuhan yang lambat itu juga menghasilkan kayu yang lebat, yang berarti jika meja makan dirawat dengan baik, akan mampu bertahan selama bertahun-tahun.

Ada juga banyak variasi warna kayu ek, dari terang hingga gelap, jadi ada banyak pilihan saat memilih meja yang sesuai dengan interior ruang makanmu.

3. Kayu ash

jenis kayu untuk meja makan

Kayu ash tidak hanya cantik dalam penampilan, tetapi juga sangat tahan pakai. Kayu untuk meja makan ini berwarna coklat muda, dan biasanya memiliki serat lurus yang memberikan tampilan seragam dan menarik.

Kayu ash cenderung sedikit lebih murah daripada kayu keras lainnya, karena tersedia secara luas di seluruh dunia, jadi merupakan pilihan kayu untuk meja makan yang cukup terjangkau.

Namun, permukaan kayu ash memiliki sifat seratnya yang sering perlu diisi sehingga mungkin kamu akan menemukan lubang terbuka. Selain itu, kayu ash cenderung bengkok jika terkena kelembaban dalam waktu lama.

4. Kayu Beech

jenis kayu untuk meja makan

Kayu beech adalah kayu solid yang sangat tahan pakai dan tahan lama. Sifat kayunya membuatnya tahan terkelupas dan patah lebih baik daripada kayu lainnya.

Dilansir dari grainandframe.com, jenis kayu untuk meja makan ini paling ideal untuk area dengan penggunaan tinggi di rumah, seperti dapur atau ruang makan.

Ini juga merupakan kayu penyerap goncangan, artinya dapat menahan banyak beban dan menerima benturan tinggi tanpa kerusakan. Selain itu dengan warna alami yang terang, kayu beech memiliki serat yang halus dan lurus, memberikan tekstur seragam yang indah.

Namun meskipun beech adalah kayu yang dikenal tahan lama, jenis kayu ini tidak cocok untuk penggunaan meja makan di luar ruangan karena tidak tahan terhadap cuaca, dan sangat berat sehingga sulit untuk bergerak di sekitar rumah.

5. Kayu mangga

jenis kayu untuk meja makan

Kayu mangga dikategorikan sebagai kayu keras, karena butirannya yang padat. Selain itu jenis kayu untuk meja makan ini juga kuat dan sangat tahan lama. Warna alami kayunya umumnya berwarna coklat keemasan, meski ada juga variasi yang memiliki warna lebih kuning atau menonjolkan guratan hitam atau merah muda.

Kayu mangga juga sangat berkelanjutan, artinya pohon mangga tumbuh dengan cepat hingga mencapai kayu keras sehingga dengan mudah diganti, menciptakan siklus penanaman dan panen yang berkelanjutan.

Meskipun kayu mangga sangat tahan lama, kayunya rentan terhadap serangan jamur, jadi penting untuk menggunakan pelapis kayu, seperti lilin.

Selama cuaca kering, kayu mangga juga rentan mengalami dehidrasi. Artinya jika terkena sumber panas atau sinar matahari, retakan dapat terbentuk dengan relatif mudah.

6. Kayu kenari

jenis kayu untuk meja makan

Kayu kenari menonjol sebagai jenis kayu untuk meja makan karena tampilannya yang lebih gelap dan berani, dengan corak bervariasi dari cokelat muda hingga cokelat hitam.

Ini adalah salah satu kayu paling kuat dan tahan lama yang dapat kamu gunakan untuk meja makan, tetapi membutuhkan perawatan agar tetap terlihat terbaik.

Sebagai salah satu kayu yang lebih langka, kayu kenari bisa sedikit lebih mahal daripada kayu solid lainnya, jadi mungkin tidak cocok untuk mereka yang memiliki anggaran terbatas.

7. Kayu pinus

jenis kayu untuk meja makan

Pinus adalah kayu yang sedikit lebih lembut dengan warna terang, mulai dari putih krem hingga kuning.

Jenis kayu untuk meja makan ini merupakan pilihan populer bagi kamu yang sedang mencari desain meja makan farmhouse dan rustic. Selain itu, kayu pinus juga merupakan pilihan bagus bagi kamu yang belum siap untuk investasi jenis kayu lainnya.

Namun yang perlu diingat, pinus tidak tahan lama seperti kayu lain seperti ek atau ash sehingga rentan terhadap goresan dan penyok.

Berkat warnanya yang terang, pinus juga merupakan kayu yang bagus untuk diwarnai, sehingga kamu dapat dengan mudah mendapatkan warna yang diinginkan agar sesuai dengan interior ruang makan.

Dan, meskipun merupakan bahan yang kokoh, kayu pinus juga ringan yang berarti kamu dapat dengan mudah memindahkan furniture ini di dalam rumah.

Nah itulah beberapa jenis kayu untuk meja makan yang bisa kamu sesuaikan dengan interior ruang makan hingga anggaran yang dimiliki. Penting untuk dicatat bahwa perawatan meja makan kayu solid sangatlah penting, untuk memastikannya tetap dalam kondisi prima setelah digunakan.

Dan seperti halnya meja kayu solid lainnya, kelembaban dapat menimbulkan kerusakan, jadi penting untuk segera membersihkan tumpahan apa pun dan pastikan untuk menggunakan tatakan gelas dan alas piring jika memungkinkan.

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.