5 Macam Ukuran Tempat Tidur dan Cara Memilih Mana yang Tepat

ukuran tempat tidur paling umum

Saat berbelanja tempat tidur, kamu perlu mempertimbangkan banyak hal, mulai dari kekencangan, bahan, dan yang paling penting, ukurannya. Ukuran tempat tidur mungkin tampak seperti sepele, tetapi sebenarnya itu adalah salah satu faktor terpenting.

Ukuran tempat tidur dari sekedar dimensi kasur, ukuran membantu menentukan berapa banyak biaya dan tempat yang akan kamu gunakan untuk tempat tidur. Kamu memiliki pilihan antara berbagai ukuran tempat tidur, dari tempat tidur ukuran twin atau ukuran california ekstra lebar yang cocok untuk pasangan dengan satu sampai dua anak.

Ukuran tempat tidur yang kamu pilih juga akan bergantung pada tinggi, berat, dan preferensi. Dalam panduan kali ini kita akan melihat 5 ukuran tempat tidur yang paling umum dan cara memilihnya yang sesuai dengan kebutuhanmu. Yuk simak!

5 Macam Ukuran Tempat Tidur yang Paling Umum:

Tidur malam yang nyenyak dimulai dari tempat tidur yang berkualitas baik, bukan? Tak hanya bahan (pegas, memory foam, foam, latex), pemilihan ukuran tempat tidur yang tepat merupakan bagian penting dalam proses pembelian tempat tidur.

Di Indonesia sendiri terdapat 5 standar ukuran tempat tidur yang paling umum digunakan, mulai dari yang terkecil (single size) hingga yang terbesar (super king size). Dilansir dari , berikut 5 macam ukuran tempat tidur:

1. Twin size

ukuran tempat tidur paling umum

Tempat tidur berukuran twin ini paling baik digunakan untuk anak-anak, atau orang dewasa yang tidur sendirian dan ingin memaksimalkan ruang di kamar mereka.

Dilansir dari cnet.com, karena tempat tidur ini mengambil ruang yang sangat sedikit yaitu hanya 90 cm x 200 cm, maka tempat tidur twin ini bahkan dapat muat dalam ukuran kamar sekecil 200 cm x 300 cm.

Kasur ukuran twin populer untuk anak-anak karena ini adalah ukuran paling terjangkau yang dapat dibeli, dan tempat tidur tidak akan memakan banyak ruang di kamar tidur mereka. Sehingga memberikan anak-anak lebih banyak ruang untuk bermain.

2. Double size atau full size

ukuran tempat tidur paling umum

Jika menurutmu tempat tidur single atau twin size terlalu kecil, maka tempat tidur double mungkin cocok. Tempat tidur double memiliki panjang 200 cm x 120 cm. Mereka biasanya digunakan di hotel dan dikenal sebagai tempat tidur twin.

Kasur ini termasuk populer, karena kasur double size lebih besar dari twin, tapi secara harga lebih murah dari queen size. Kasur ini populer untuk anak-anak, remaja atau dewasa muda yang aktif saat tidur, atau pasangan yang tidak keberatan berpelukan untuk memaksimalkan ruang di kamar tidur mereka.

Ukuran kamar yang disarankan untuk kasur ukuran full setidaknya 300 cm x 300 cm.

3. Queen size

ukuran tempat tidur paling umum

Memiliki panjang keseluruhan 200 cm x 160 cm, tempat tidur queen menjadi ukuran tempat tidur paling populer untuk pasangan. Dengan lebar dan panjang ekstra, dibandingkan dengan tempat tidur single dan double, tempat tidur queen bisa lebih nyaman untuk satu orang yang tidur sendirian dan aktif bergerak.

Jika kamu memiliki rencana untuk membeli tempat tidur queen, pastikan ruang kamar tidur harus berukuran sekitar 290 cm x 305 cm agar nyaman menampung rangka tempat tidur ukuran queen.

Jika kamarmu berukuran lebih kecil dari ini, semuanya akan mulai terasa sempit.

4. King-size bed

ukuran tempat tidur paling umum

Jika tempat tidur queen masih belum memenuhi kebutuhanmu, ukuran tempat tidur king bisa menjadi pilihanmu selanjutnya.

Tempat tidur king ideal untuk kamar tidur utama yang luas atau untuk pasangan yang membutuhkan ruang ekstra untuk bergerak, untuk pasangan yang tidur dengan bayi, atau untuk orang yang tidur sendiri dan menyukai ruang ekstra untuk

Ukuran tempat tidur king size memiliki panjang keseluruhan 200 cm x 180 cm. Dengan luas permukaannya yang luas, tempat tidur king membuat tidur dengan nyaman sepanjang malam menjadi lebih mungkin. Ukuran kamar yang disarankan untuk tempat tidur king size setidaknya 350 cm x 350 cm.

5. Super king bed

ukuran tempat tidur paling umum

Tempat tidur super king adalah ukuran tempat tidur terbesar. Tempat tidur ini lebih panjang dari ukuran king dengan memiliki panjang keseluruhan 200 cm x 200 cm, cocok untuk tidur dua orang dewasa dan satu anak.

Sebagai ukuran tempat tidur terbesar, tempat tidur super king menyediakan permukaan tempat tidur yang luas. Sehingga jika tidur sendirian, kamu dapat memiliki ruang ekstra untuk mendapatkan tidur malam yang nyenyak.

Tips Memilih Tempat Tidur yang Tepat

Dilansir dari featherandblack.com, ada enam hal utama yang perlu dipertimbangkan saat memilih tempat tidur dengan ukuran yang tepat. Berikut diantaranya:

1. Kenyamanan

ukuran tempat tidur paling umum

Menjadi nyaman di tempat tidur adalah prioritas utama, apakah itu hanya kamu di tempat tidur, kamu dengan pasangan, atau apakah kamu mengajak anak-anak untuk berpelukan di malam hari. Jadi, pikirkan berapa banyak ruang yang kamu perlukan untuk menampung mereka yang tidur di tempat tidur dengan nyaman.

2. Gaya tidur

ukuran tempat tidur paling umum

Bagaimana kamu suka tidur juga merupakan sesuatu yang perlu dipertimbangkan. Apakah preferensi tidurmu adalah meringkuk, berposisi seperti bintang laut di tempat tidur, atau jika pasangan suka tidur dipeluk, pastikan kamu memberikan diri sendiri cukup ruang untuk tidur dengan nyaman dan nyenyak.

3. Ukuran kamar

ukuran tempat tidur paling umum

Ukuran tempat tidur yang tepat juga akan membantu kamar tidur bekerja secara maksimal dan memaksimalkan fungsinya. Tempat tidur yang terlalu besar akan membuat ruangan terasa sesak dan tempat tidur yang terlalu kecil akan terlihat tidak pada tempatnya. Jadi pastikan kamu mengikuti panduan di atas agar kamar tidur tetap lapang sekaligus kamu bisa tidur dengan leluasa.

4. Periksa dimensi tempat tidur

ukuran tempat tidur paling umum

Sebelum membeli tempat tidur, pastikan kamu memeriksa kembali pesanan tempat tidur untuk memastikannya sesuai tanpa ada masalah atau frustrasi di kemudian hari.

Pastikan kamu sudah memeriksa dan menuliskan dimensi yang tepat dari tempat tidur yang ingin kamu beli serta dimensi kotaknya (keduanya dapat ditemukan di halaman produk). Sehingga kamu tahu persis apa yang sedang kamu beli, terutama jika kamu membelinya secara online.

Ingatlah untuk memeriksa ketinggian kepala tempat tidur, terutama jika tempat tidur akan diletakkan pada kamar dengan atap rendah.

5. Rencanakan desain kamar

ukuran tempat tidur paling umum

Penting untuk memvisualisasikan area yang kamu miliki di kamar setelah tempat tidur siap. Agar kamu dapat menentukan ukuran tempat tidur dengan tepat, cobalah untuk memetakan semuanya di lantai dengan selotip atau lembaran koran.

Kemudian kamu dapat berjalan di sekitar ruangan dan melihat ruang yang tersisa, dan memutuskan apakah area tersebut cukup untuk bergerak sehari-hari atau tidak.

Ingatlah untuk memikirkan furniture lain yang mungkin kamu inginkan di sana. Baik itu lemari pakaian dan pintu harus terbuka penuh, dan pasang stopkontak untuk lampu samping tempat tidur.

6. Cara memasukkan tempat tidur ke dalam rumah dan kamar

ukuran tempat tidur paling umum

Ini mungkin tampak jelas, tetapi salah satu hal terpenting untuk diperiksa adalah apakah tempat tidur pilihan dapat masuk melalui pintu, menaiki tangga, pegangan tangga bundar, dan melewati setiap belokan tangga atau koridor. Jadi pastikan untuk memeriksa dimensi semua pintu dan area bebas di atas tangga.

Nah itulah informasi seputar 5 macam ukuran tempat tidur dan cara memilih mana yang tepat. Dengan panduan di atas, kini memilih tempat tidur bisa lebih mudah dan minim kesalahan. Dari 5 macam ukuran tempat tidur di atas, mana yang menjadi ukuran tempat tidur favoritmu?

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.