5 Langkah Membersihkan Furniture Jati dengan Tepat

membersihkan furniture jati

Jati adalah jenis furniture yang sangat populer, terutama di teras di ruang outdoor. Kayunya dikenal cantik dan menambahkan banyak daya tarik visual ke teras dan area rumah lainnya.

Sayangnya, beberapa orang tidak melakukan apa-apa atau tidak yakin tentang apa yang harus mereka lakukan untuk merawat kayu keras yang satu ini. Namun, jika dibiarkan tidak bersih, jati dapat menghasilkan jamur atau terjadinya perubahan warna.

Di luar keausan normal, jika furniture jati di rumahmu perlu mendapatkan perawatan terutama pembersihan rutin, agar penampilan dan kualitasnya terjaga.

Nah jika kamu masih bingung bagaimana cara membersihkan furniture jati, kali ini kami telah menyiapkan informasi seputar langkah membersihkan furniture jati dengan tepat. Simak informasinya di bawah ini ya!

Perlengkapan yang dibutuhkan untuk membersihkan furniture jati

langkah membersihkan furniture jati dengan tepat

Meski dikenal dengan ketahanannya yang sangat baik furniture tetap harus dijaga perawatannya. Terlebih lagi jika digunakan dalam intensitas yang cukup sering, seperti meja makan outdoor.

Jika terkena tumpahan makanan, air, dan alat masak yang panas, residu tersebut dapat meninggalkan bekas di meja makan dan menghasilkan penampilan yang kotor. Sehingga sebaiknya kamu harus rutin membersihkan perabotan jati untuk menjaga penampilannya.

Sebelum kamu membersihkan furniture jati, ada perlengkapan yang perlu kamu siapkan. Tenang saja, karena barang-barang ini cukup sederhana dan mudah ditemukan di rumah atau pun toko terdekat. Berikut barang yang dibutuhkan untuk membersihkan furniture jati:

  • Terpal
  • Selang taman
  • Pembersih lembut (sabun cuci piring)
  • Ember
  • Bulu sikat nilon lembut
  • Amplas 220 grit (opsional)
  • Pelindung jati atau teak sealer (opsional)

Langkah-langkah membersihkan furniture jati dengan tepat

langkah membersihkan furniture jati dengan tepat

Dengan menggunakan produk yang sudah kamu siapkan di rumah, ikuti langkah-langkah mudah ini untuk membersihkan furniture jati agar lebih bersih:

Langkah 1: Siapkan area yang akan dibersihkan.

Tempatkan furniture yang akan dibersihkan di luar ruangan. Atau jika kamu tidak memiliki area basah di rumah, gelar terpal dan letakkan furnitur di atasnya. Lalu, basahi furniture dengan selang taman.

Langkah 2: Pilih produk pembersih.

Jika kamu ingin menggunakan peralatan rumah tangga, campurkan dua sendok makan pembersih lembut seperti sabun cuci piring cair dengan satu galon air dalam ember besar. Jika kamu lebih suka pembersih yang diformulasikan untuk kayu jati, cobalah produk seperti teak cleaner

Langkah 3: Oleskan larutan.

Selanjutnya, oleskan larutan di atas pada furniture jati yang akan dibersihkan menggunakan sikat nilon yang lembut. Kemudian gosok perlahan mengikuti arah serat untuk menghindari goresan pada permukaan kayu.

Langkah 4: Bilas furniture dengan air bersih

Setelah jati bersih, siram sekali lagi dan biarkan mengering.

(Opsional) Langkah 5: Melakukan penghalusan menggunakan amplas

Jika kayu jati terasa kasar saat disentuh setelah dibersihkan, kamu dapat melakukan pengamplasan ringan dengan kertas amplas 220 grit untuk menghilangkan serat kasar atau partikel kayu. Pastikan untuk mengampelas mengikuti seratnya untuk menghindari “menggores” kayu jati.

(Opsional) Langkah 6: Gunakan teak sealer

Untuk membantu mempertahankan tampilan yang mewah pada furniture jati, gunakan teak sealer dengan penghambat UV untuk mengunci warna asli dan mencegah pelapukan. Sealer harus diterapkan pada kayu jati yang baru dibersihkan pada saat sudah kering ketika disentuh.

Sealer harus diterapkan setiap tahun, atau sesuai kebutuhan tergantung pada iklim, dan penempatan furniture.

Cara mempertahankan warna furniture jati yang baru

langkah membersihkan furniture jati dengan tepat

Furniture outdoor jati yang tidak dirawat akan dihadapkan pada cuaca alami, sehingga warnanya bisa berubah menjadi patina abu-abu keperakan dengan paparan unsur-unsurnya.

Jika kamu ingin mempertahankan warna emas jati baru, berikut langkah-langkah yang bisa kamu terapkan:

Langkah 1. Siapkan area

Siapkan area dengan meletakkan terpal, agar residu tidak mengotori lantai atau rumput

Langkah 2: Siapkan furniture.

Letakkan furniture yang akan dibersihkan di atas terpal. Kemudian bersihkan dengan menggunakan dua sendok makan sabun cuci piring ringan dan satu galon air atau teak cleaner, untuk menghilangkan minyak dan debu permukaan. Biarkan sampai benar-benar kering.

(Opsional) Langkah 3: Ampelas bagian furniture yang kasar.

Jika furniture terasa kasar saat disentuh setelah dibersihkan, kamu dapat melakukan pengamplasan ringan dengan kertas 220 grit untuk menghilangkan serat kasar atau partikel kayu. Pastikan untuk mengampelas mengikuti serat kayu untuk menghindari “menggores” kayu jati.

Langkah 3. Pilih produk finishing.

Ada banyak pilihan warna dan finishing yang tersedia di pasaran. Jika ini pertama kalinya kamu menggunakan produk finishing, pastikan untuk menguji produk pada bagian furniture yang kecil dan tersembunyi.

Kocok botol sebentar agar tercampur. Oleskan dua lapisan tipis dengan kain lembut dan bersihkan tetesan air saat kamu pergi.

Langkah 4. Menggunakan finishing secara berkala.

Lingkungan luar sangat keras. Sealer apa pun tentu akan menjadi lapuk atau aus seiring waktu dan penggunaan. Ini perlu diperbaiki atau diterapkan kembali secara berkala (setiap satu hingga dua tahun).

(Opsional) Langkah 5: Melindungi permukaan furniture dari noda makanan dan minuman.

Untuk melindungi furniture dari noda makanan atau minuman, kamu dapat menggunakan pelapis uretan seperti clear coat gloss khusus untuk kayu jati atau menggunakan taplak plastik bening.

Seberapa sering harus membersihkan furniture jati?

langkah membersihkan furniture jati dengan tepat

Melansir dari Thespruce.com, sebenarnya kamu dapat membersihkan furniture jati setiap tahun, kecuali jika ada yang tumpah atau ada noda di atasnya.

Namun seberapa seringnya kamu harus membersihkan furniture jati, ini tergantung pada tampilan furniture yang kamu inginkan. Jika kamu ingin mempertahankan kilaunya kayu jati, kamu harus membersihkan, menyegel, dan melindunginya setiap beberapa bulan.

Jika kedengarannya seperti terlalu banyak pekerjaan, di sisi lain, tak sedikit juga pemilik rumah yang senang dengan jati yang sedikit atau tanpa perawatan. Namun tetap saja, kamu masih perlu mencuci furniture sesekali untuk mencegah pembentukan jamur dan lumut.

Untuk furniture jati dalam ruangan, kamu hanya perlu membersihkan permukaan kayu dengan kain bebas debu dan kotoran seminggu sekali. Sesederhana itu, kan?

Do dan Dont’s saat membersihkan furniture jati

langkah membersihkan furniture jati dengan tepat

Dilansir dari countrycasualteak.com, berikut adalah beberapa hal yang perlu kamu ketahui, terutama mengenai hal-hal yang harus dilakukan (do) dan dihindari (dont’s) saat membersihkan furniture outdoor dari jati:

DO:

  • Ketika kamu membersihkan furniture jati, pastikan menggunakan sarung tangan dan pelindung mata, terutama saat melakukan pembersihan intensif.
  • Gunakan pelindung tanah, seperti terpal, saat membersihkan furniture jati. Hal ini sangat penting terutama pada permukaan batu berpori, beton, atau dek, karena produk pembersih dapat menyebabkan noda.
  • Uji produk pembersih apa pun yang kamu gunakan pada area kecil di bagian bawah furniture untuk melihat bagaimana interaksinya dengan kayu jati dan warnanya.
  • Segera bersihkan tumpahan apa pun pada furniture jati agar tidak menempel pada kayu dan menyebabkan noda.
  • Sesekali menyeka atau menyemprot furniture di antara pembersihan untuk meminimalkan kotoran dan serpihan.
  • Selalu gunakan tatakan gelas untuk minuman untuk menghindari cincin air di furniture jati.

DON’T’S

  • Hindari untuk mengoleskan sealant dan finishing pada furniture setelah dibersihkan untuk mempertahankan warna dan mencegah noda atau jamur. Furniture jati harus bersih dan benar-benar kering dan bebas debu sebelum mengaplikasikannya.
  • Hindari gunakan minyak jati pada furniture luar ruangan. Minyak jati adalah minyak biji rami yang dicampur dengan bahan lain, terutama pelarut, bukan minyak dari pohon jati. Ini sering disebut-sebut sebagai perawatan yang diperlukan untuk furniture jati, tetapi dapat menyebabkan lebih banyak kerugian daripada kebaikan, misalnya meninggalkan permukaan yang lengket yang akan mengumpulkan kotoran dan kotoran yang menyebabkan tumbuhnya jamur dan lumut. Furnitur yang dirawat dengan minyak jati sering berubah menjadi hitam dan bahkan terasa bergetah saat disentuh seiring waktu, terutama di iklim yang hangat dan lembab. Sebaiknya gunakan sealer berbahan dasar air yang tahan lebih lama dan biarkan jati bernafas.
  • Hindari gunakan pembersih, sealer, atau pelindung yang berbahaya bagi tanaman, rumput atau hewan.
  • Hindari menggunakan sabut baja, karena serpihan logam kecil dapat menempel di serat kayu dan berkarat seiring waktu.
  • Hindari mengampelas melawan seratnya, karena ini akan “menggores” kayu jati.
  • Hindari membersihkan paksa furniture jati, karena ini akan menyebabkan kerusakan pada kayu. Ini dapat menghilangkan kayu lunak di antara butiran yang menyebabkan permukaan kasar dan berkerut yang pada gilirannya mengumpulkan air dan kotoran.

Nah itulah 6 langkah membersihkan furniture jati dengan tepat. Dengan sedikit perawatan dan pembersihan, kamu akan dapat membuat furniture jati terlihat baru selama bertahun-tahun.

Pastikan untuk berinvestasi dalam produk pembersih jati berkualitas dan ikuti instruksi yang tepat.

Skills

,

Posted on

June 9, 2023

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.