11 Jenis Kursi Meja Makan, yang Paling Nyaman dan Kekinian

kursi meja makan

Ruang makan yang cantik dengan jenis kursi meja makan yang tepat, selalu bisa membuat rumah terasa istimewa. Untuk membuat ruang makan menjadi ruang yang sempurna, kamu tentu memerlukan beberapa kursi makan berkualitas dan cantik, agar sesuai dengan dekorasi lainnya.

Saat mencari kursi meja makan, kamu mungkin sulit untuk menemukan desain mana yang cocok untuk ruang makan, terutama dengan mejanya dan elemen lain di dalam ruangan.

Inilah mengapa kamu harus mengenal jenis kursi makan yang berbeda dan mempelajari semua fiturnya untuk menemukan yang terbaik.

Nah kali ini, Kedai Mebel Jati telah menyusun semua jenis kursi meja makan dalam panduan ini, yang dapat membantu memilih yang sesuai dengan kebutuhanmu. Yuk simak sampai habis!

Jenis Kursi Makan Berdasarkan Desain

1. Armchair

kursi meja makan

Seperti namanya, kursi makan jenis ini hadir dengan sandaran tangan. Jika kamu menginginkan jenis kursi meja makan yang paling nyaman, maka armchair atau kursi berlengan adalah yang terbaik.

Adanya sandaran tangan tambahan membuat kursi ini sangat nyaman untuk penggunaan sehari-hari. Dengan kursi berlengan, kamu tentu tidak perlu mencondongkan tubuh ke depan untuk meletakkan siku di atas meja makan.

Kamu cukup mengistirahatkan lengan di sandaran lengan dan duduk dengan nyaman. Meskipun harga kursi meja makan ini lebih mahal, kamu tidak bisa mendapatkan kenyamanan yang lebih baik dari ini untuk ruang makanmu.

2. Side chair

kursi meja makan

Ini merupakan jenis kursi meja makan yang paling umum, dan hampir setiap ruang makan memiliki jenis kursi ini. Disebut side chair atau kursi samping karena biasanya diletakkan di sepanjang sisi meja makan.

Kursi-kursi ini hadir tanpa lengan dan dapat diselipkan di bawah meja saat tidak digunakan. Kursi samping bisa sangat nyaman untuk pergerakan yang mudah karena tidak memiliki lengan.

Meskipun menjadi sulit untuk mengistirahatkan tangan saat waktu makan, mereka masih merupakan gaya kursi ruang makan yang sangat fleksibel untuk disimpan di ruang makan rumah atau digunakan untuk tempat makan umum.

3. Parsons chair

kursi meja makan

Kursi parsons adalah beberapa kursi meja makan paling populer saat ini, karena mudah dipasang dengan desain interior yang berbeda. Jika kamu menyukai desain rumah yang minimalis, maka kursi parsons akan terlihat paling bagus di ruang makan rumahmu.

Kursi-kursi ini memiliki punggung yang lurus dan tidak memiliki sandaran tangan. Dulu, kursi jenis ini datang dengan sarung. Namun, saat ini sarung tambahan sudah jarang terlihat di kursi parsons.

Kamu juga bisa menemukan kursi wingback yang pada dasarnya adalah kursi parsons dengan ‘sayap’ di sisi sekitar bahu hingga dudukan.

4. Kursi lipat

kursi meja makan

Meskipun kamu mungkin membayangkan kursi lipat plastik atau aluminium yang terlihat lebih murah, kursi lipat tersedia dalam berbagai bentuk dan ukuran.

Jenis kursi meja makan ini sangat cocok untuk keluarga yang mengadakan makan malam tetapi hanya sesekali. Mungkin dua atau tiga kali setahun mereka datang, sehingga kamu memerlukan kursi lipat yang bagus ini dari lemari penyimpanan untuk disiapkan bagi tamu tambahan.

Kemudian kursi lipat ini juga bisa disimpan kembali ke lemari.

5. Ladder back chair

kursi meja makan

Ladder back chair ini pertama kali muncul sekitar di abad pertengahan. Pada abad ke-17, mereka menjadi bahan pokok tempat duduk yang populer di Inggris.

Kursi yang disebut sandaran tangga ini memiliki dua hingga enam bilah horizontal yang berjarak sama rata di sepanjang bagian sandaran kursi, seperti tangga.

Biasanya terbuat dari kayu, kursi ini menawarkan tampilan yang ringan dan terbuka. Sementara mereka dapat digunakan hampir di semua ruang, ladder back chair ini bekerja paling baik di ruang makan bergaya rustic atau tradisional.

6. Bow back chair

kursi meja makan

Jenis kursi meja makan yang satu ini juga dikenal sebagai paddle back, dowel back, arrow back, and feather back, kursi-kursi ini dinamakan bow back chair karena menampilkan busur yang melingkar di atas spindel, batang, atau bilah vertikal tipis pada senderan kursi.

Dilansir dari angi.com, untuk menjadikan kursi ini memiliki sandaran yang tepat, dalam proses pembuatannya uap harus digunakan untuk membengkokkan kayu.

Bow back chair ini dikenal menyediakan banyak penyangga pinggang, dan cocok dengan ruang makan bergaya rumah rustic kasual.

7. Kursi Windsor

kursi meja makan

Jenis kursi yang satu ini dinamai dari kota Windsor di Inggris, tempat pertama kali diproduksi. Kursi Windsor adalah sejenis kursi meja makan yang juga berbentuk busur seperti kursi bow back. Ini menampilkan bingkai setengah lingkaran yang didukung oleh spindel vertikal tipis.

Meski lebih populer selama era kolonial, saat ini, kursi windsor sangat bagus untuk menambahkan sentuhan gaya vintage ke ruang makan mana pun.

8. Cross back chair

kursi meja makan

Cross back chair Juga dikenal sebagai kursi X-back. Kursi cross back ini menampilkan dua bilah yang menyilang membentuk X.

Jenis kursi meja makan ini pertama kali ditunjukkan di bistro Prancis abad ke-20. Maka tak heran apabila kursi silang ini membuat tambahan yang bagus untuk ruang makan di rumah dengan konsep farmhpuse atau ruang makan bergaya rustic.

Kursi-kursi ini sederhana, bersih, dan modern, sehingga sering juga digunakan di luar ruang makan sebagai aksen.

9. Wingback chair

kursi meja makan

Pertama kali kursi meja makan ini diperkenalkan di Inggris pada tahun 1600-an, kursi bersayap membutuhkan waktu lebih dari satu abad untuk menjadi gaya furniture yang disukai. Seperti yang sedikit dibahas di atas, wingback chair ini memiliki punggung lurus dengan panel (atau sayap) di setiap sisi.

Awalnya dimaksudkan untuk mencegah panas dari perapian, namun pada saat ini, ‘sayap’ kursi sebagian besar bersifat dekoratif. Wingback chair seringkali dilapisi kain dan memiliki kaki kayu.

Sementara kursi ini sekarang lebih sering digunakan untuk tempat duduk beraksen, mereka juga bisa membuat tambahan yang indah dan anggun untuk ruang makan mana pun.

10. Queen Anne chair

kursi meja makan

Kursi meja makan bergaya Queen-Anne adalah segalanya yang kamu harapkan jika ruang makan di rumahmu terinspirasi dari era Victoria.

Detail ukiran, kain jok dekoratif, hingga ukiran yang rumit, adalah beberapa fitur khas yang bisa kamu dapatkan dari jenis kursi meja makan yang satu ini.

Kursi yang terinspirasi antik ini biasanya dibuat dari kayu ceri dan memiliki lapisan kain. Dan seperti yang sudah kamu duga, mereka ideal untuk ruang makan tradisional.

11. Farmhouse chair

kursi meja makan

Sesuai dengan sifatnya yang eklektik, kursi bergaya rumah pertanian atau farmhouse ini seringkali merupakan perpaduan dari banyak gaya kursi yang telah dibahas di atas.

Kursi ini dapat ditemukan berlengan atau memiliki konstruksi samping. Ada juga yang memiliki sandaran seperti tangga, sandaran X, dan tidak jarang juga sandaran busur. Kursi meja makan ini biasanya tersedia dalam berbagai macam kayu keras.

Nah itulah beberapa jenis kursi meja makan yang perlu kamu ketahui. Di luar pertimbangan di atas, kamu juga perlu mempertimbangkan jenis kursi dengan meja makan yang digunakan.

Jika kamu membeli satu set makan, kamu tentu tidak perlu khawatir. Namun, jika kamu lebih senang mencampur dan mencocokkan, kamu harus selalu mengingat dimensi meja dan kursi yang akan dibeli.

Tinggi rata-rata kursi meja makan adalah 43 hingga 50 cm dari lantai ke kursi, tetapi tergantung pada jenis kursi yang kamu beli, demikian pula ketinggian sandarannya bisa sangat bervariasi. Agar semakin yakin dengan pilihanmu, pastikan juga kamu membaca beberapa tips memilih meja makan terlebih dahulu.

Skills

,

Posted on

May 12, 2023

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.