( pcs)
GambarBarangjmlBeratTotal
keranjang belanja anda kosong
00,00Rp 0
Menu

Mebel Jepara Ukiran Klasik

Bagikan ini ?

mebel jepara ukiran klasikMebel Jepara Ukiran Klasik

Mebel jepara ukiran klasik adalah kebanggaan kami sebagai putra kota jepara asli, kerajinan ukiran jepara merupakan salah satu identitas kami dimata dunia yang membawa nama kota jepara dikenal sampai mancanegara. Oleh karena itu tak ada salahnya jika kami mencoba angkat tema ini pada tulisan halaman ini agar kami tidak lupa siapa dan darimana kami berasal.

Kesenian ukiran jepara yang berkembang sekarang adalah berasal dari budaya ukiran kayu yang di turunkan oleh nenek moyang kami sejak jaman dahulu kala. keahlian ukir kayu dan pertukangan kota kami telah “melegenda” bahkan sampai macanegara. Meskipun pada kenyataan nya sekarang ini mebel minimalis banyak berkembang di kota jepara, namun mebel ukir jepara akan tetap mempunyai tempat tersendiri yang tidak akan tergantikan keberadaannya.

Sejarah Mebel Jepara Ukiran Klasik

Mebel ukir jepara sudah ada sejak jaman kerajaan kuno dulu, banyak sekali bukti2 sejarah yang membuktikan keahlian penduduk jepara dalam pengolahan dan ukiran kayu seperti pada ukiran masjid mantingan ( makam ratu kalinyamat ), masjid agung jepara dan banyak bangunan lain yang membutikan keahlian masyarakat jepara dalam hal kerajinan ukiran kayu. tokoh2 besar jepara seperti Ratu Shima, Ratu Kalinyamat dan Mbah Kartini juga sangat besar peranannya dalam perkembangan mebel ukir jepara.

Pada masa Kerajaan Kalingga yang diperintah Ratu Shima, usaha mebel dan ukiran kayu telah mulai dikembangkan terutama dalam pembuatan rumah tradisional, istana, dan kapal. Pada zaman Kerajaan Majapahit, Jepara menjadi salah satu wilayah ekspansi seniman- seniman ukir Hindu yang memperkenalkan motif ukir Majapahit dan Bali. Pusatnya di Dusun Belakang Gunung, Desa Mulyoharjo, Kecamatan Jepara. Mulyoharjo sekarang telah dikenal menjadi setra ukiran dan patung jepara yang banyak dikunjungi wisatawan dari luar kota.

Pada masa pemerintahan Ratu Kalinyamat dan Sultan Hadirin, muncul pengukir terkenal asal Tiongkok, Cwie Wie Gwan atau Sungging Badar Duwung, yang mengajarkan motif bunga dan daun. Ukiran Sungging Badar Duwung lestari hingga kini menghiasi Masjid Mantingan dan makam Ratu Kalinyamat.

Kemudian pada masa RA Kartini, para tukang kayu dan pengukir Jepara terangkat ke dunia internasional. Melalui lembaga Oost en West, Kartini memamerkan dan memasarkan produk-produk Jepara, termasuk ukir-ukiran dan patung, di Belanda.

Kartini bahkan berupaya melindungi produk-produk Jepara dengan mengkritik orang-orang yang meremehkan karya ukir Jepara. “…saya sakit hati kalau barang-barang yang sangat indah itu menjadi milik orang-orang yang acuh tak acuh, yang tidak dapat atau sekurang-kurangnya tidak cukup menghargai barang-barang itu…” ( Mbah Kartini, Pembaharu Peradaban, 2010 )

Menurut penulis Kartini, Pembaharu Peradaban, Hadi Priyanto, pada masa Kartini, para pengukir di Dusun Belakang Gunung hidup miskin dan sederhana. Mereka tinggal di rumah reot yang terbuat dari bambu dan beratap daun nipah. Mereka tidak mempunyai tempat untuk memasarkan ukir-ukiran. Mereka bahkan tidak dapat menentukan harga karya karena pembeli yang memegang kendali. Berapa pun uang yang diberikan pembeli, mereka menerima begitu saja.

Sekarang kondisi Dusun Belakang Gunung ( Desa Mulyoharjo ) telah berubah. Sebagian besar rumah pengrajin sudah berupa bangunan permanen dan di hampir setiap rumah terdapat showroom dan tempat kerja di bagian depan. Jalan desa, yang semula sulit dilalui dua mobil yang berpapasan, kini dapat dimasuki truk-truk tronton pengangkut karya para pengukir. Para pembeli dan wisatawan dari luar negeri kerap berkunjung ke desa mulyoharjo yang kami sebt sekarang kawasan “pavingan” itu.

Pada perkembangannya, kesenian ukiran jepara banyak dipengaruhi oleh gaya atau motif ukiran dari eropa, Hal ini (mungkin) di karenakan kolonialisme penjajah yang berabad abad secara langsung berpengaruh terhadap kebudayaan asli bangsa kita termasuk di kota jepara, Para penjajah yang menetap di negara kita membawa serta keluarga dan segala perabotan mereka ke negara kita. termasuk juga perabot mebel mereka. Hal inilah awal perkenalan jepara dengan ukiran motif eropa. Dan pada perkembangannya motif ukiran eropa membuat jepara di kenal sebagai salah satu kota di dunia yang meng eksport mebel antik dengan ukiran2 khas eropa ke negara2 tersebut, dan juga benua amerika dan australia dll.

Bahan Baku Kayu

Material utama pembuatan mebel ukir jepara adalah kayu mahoni dan jati, Khusus untuk pasar eksport mereka lebih memilih kayu mahoni sebagai bahan baku produk mebel antik yang mereka pesan. Namun untuk pasar lokal masih cenderung memakai kayu jati sebagai pilihan bahan baku pembuatannya.

Ada beberapa jenis finishing yang tetap tidak bisa memakai bahan baku kayu jati seperti finishing cat duco atau finishing dengan warna emas atau perak tempel. Kandungan minyak alami kayu jati yang membuatnya awet sekali membuat cat mejadi kekuningan saat di aplikasikan pada kayu jati, Maka dari itu kayu mahoni tetap di pilih untuk pembuatan mebel ukir jepara dengan finishing tersebut bahkan untuk pasar lokal.

Untuk bahan finishing kami menggunakan bahan nitrocellulose pada produk mebel klasik, bahan finishing ini meresap dengan sempurna tapi tidak menutup pori2 kayu seluruhnya, jadi masih meninggalkan kesan serat alami kayu yang indah, tidak seperti plastik kalau kata orang2 bule bilang.

Beli mebel jepara ukiran klasik

Dengan pengalaman dari budaya warisan leluhur kami dalam hal pengolahan dan ukiran kayu di jepara, kami sangat percaya diri dengan kualitas produk mebel klasik jepara yang kami hasilkan. dengan pengalaman tersebut kami juga mampu mengembangkan design2 ukiran klasik menjadi produk mebel berpola ukiran baru.

Kami menerima pesanan mebel jepara ukiran klasik design custom sesuai dengan kriteria dan spesifikasi dari pembeli kami. Anda bisa menjadikan gambar produk mebel yang ada di web ini sebagai referensi design, dan kami akan membuatkan sketsa design yang baru untuk diproduksi. Pembelian mebel desain custom seperti ini perlu waktu diskusi agar tidak ada kesalahan di belakangan.

Silahkan menelusuri koleksi mebel jati jepara kami dan hubungi kami jika masih ada informasi yang anda perlukan dari semua produk mebel jepara ukiran klasik kami.

Informasi Terkait :

Summary
mebel jepara ukiran klasik
Article Name
mebel jepara ukiran klasik
Description
Mebel jepara ukiran klasik adalah kebanggaan kami sebagai pelaku industri yang juga kebetulan adalah putra daerah jepara asli
Author
Publisher Name
Kedai Mebel Jepara
Publisher Logo

Incoming search terms:

  • gambar truk ngangkut barang mebel
  • macam ukiran dinding jepara
  • penjelasan ukiran klasik

Social Media