( pcs)
GambarBarangjmlBeratTotal
keranjang belanja anda kosong
00,00Rp 0
Menu

Mebel Dari Tripleks Atau Plywood, Alternatif Mebel Harga Murah

Wednesday, March 15th 2017.
Bagikan ini ?

 

mebel dari tripleksMebel Dari Tripleks Atau Plywood

Mebel dari tripleks mungkin terdengar murahan dan tidak tahan lama. ya…memang kalau dibandingkan dengan mebel kayu jati atau kayu solid lainnya, mebel yang dibuat dari tripleks kalah kekuatannya. Namun ada beberapa hal yang menjadikan tripleks lebih bagus penggunaannya jika dibandingkan kayu solid.

Hampir semua mebel model minimalis bisa dibuat dari tripleks, misal anda mau ambil model dari halaman produk kami diwebsite ini, kemudian dirubah bahan bakunya menjadi dari tripleks bisa dilakukan…namun sebelumnya, mari kita kenalan sedikit dengan material yang super populer ini.

Apa itu tripleks atau plywood

Namanya berasal dari kata ply atau lembaran tipis, jadi pada dasarnya tripleks atau plywood adalah papan yang terdiri dari beberapa lapisan irisan kayu tipis yang di tumpuk dan di lem dan press menjadi satu lembaran yang tebal. irisan kayu tipis itu didapatkan dari kayu gelondong yang diraut pakai mesin raksasa yang prinsip kerjanya sama persis dengan rautan pensil.

Ada beberapa jenis tripleks yang ada dipasaran saat ini. semua dibedakan dari material kayu dan perekat yang digunakan. Berikut ini beberapa jenis kayu lapis / tripleks yang ada dipasaran, juga ketersediaannya di industri mebel jepara.

  1. Tripleks kayu keras, bahan kayu yang dipakai seperti meranti, kamper jati dan kayu keras lainnya. Biasa dipakai untuk pembuatan rumah yang membutuhkan kekuatan maksimal. Di jepara jarang dipakai untuk pembuatan mebel karena harga mahal dan jarang permintaan.
  2. Tripleks kayu lunak, Bahan kayu yang dipakai jenis kayu lunak seperti sengon, cemara atau pinus dan sekelasnya. Plywood jenis ini banyak dipakai di jepara untuk membuat mebel dari tripleks.
  3. Tripleks marine / tahan air. Dibuat dari kayu jati dan sejenis kayu tahan air dari afrika, kalau gak salah namanya okume. biasa dibuat untuk bahan kapal, tidak untuk mebel pada umumnya. bahan perekat yang dipakai pun tahan air.
  4. Tripleks dengan lapisan veneer, kayu lapis jenis ini banyak dipakai untuk pembuatan mebel dari tripleks. Bahan bakunya pada dasarnya tripleks kayu lunak namun pada lapisan atasnya diberikan lapisan veneer kayu jati, mahoni atau mindi. Penjelasan tentang veneer bisa dibaca dibawah post ini.
  5. Kayu lapis, kita sebutnya sebagai kayu lapis karena bagian core atau dalamnya berupa kayu potongan kecil2 yang kemudian dilapisi tripleks tipis untuk “menjepit” nya menjadi satu papan blok yang solid. banyak dipakai juga sebagai bahan pembuatan mebel di jepara.

Keunggulan tripleks dibanding kayu solid

Ada satu yakni anti pecah, tripleks dibuat dari beberapa lapisan kayu yang saling silang seratnya, hal ini menjadikan tripleks hampir tidak bisa retak, beda dengan kayu solid yang jika tidak benar2 kering maka akan pecah atau retak. lapisan saling silang juga membuat tripleks lebih tahan terhadap melengkung.

Tidak menyusut…lagi, proses pembuatan tripleks telah terlebih dulu mengeringkan bahan kayunya sampai level minimum, bahkan ada yang dengan cara direbus didalam cairan anti hama. kekeringan yang maksimal adalah syarat untama agar tripleks bisa merekat sempurna dan tahan hama. kayu lunak sangat rentan hama, maka mau tidak mau pabrik pembuatnya harus mencegah hal ini. kalau gak mau rugi 😀

Proses pembuatan mebel dari tripleks sangat cepat, ya bagaimana gak mau cepat, tidak ada proses belah kayu, proses oven pengeringan kayu, proses serut menyerut kayu dan lem mengelem kayu. jadi tinggal beli berapa kebutuhan tebalnya, potong sesuai ukuran yang diperlukan sudah…jadi. hati kami jadi senang 😀

Kelemahan mebel dari tripleks

Kekuatannya kurang…menurut kami, bahkan tripleks kayu keras pun masih kalah kuat jika dibanding kayu solid. apalagi jika dibanding dengan tripleks kayu lunak. tidak percaya ? coba pukulkan palu ke papan triplek tebal 2 cm dan ke papan kayu dengan tebal yang sama, lihat berapa dalamnya kerusakan yang dihasilkan. ya memang bukan sebuah test yang adil dan akurat. namun bisa lah dibuat sebagai bayangan.

Tidak tahan air dan kelembapan, Bahkan pada marine plywood atau tripleks tahan air, kekuatan terhadap udara lembab masih kalah dibanding kayu solid. bagaimanapun juga kelembapan akan lebih mudah menembus lapisan perekat di tripleks dibanding menembus serat / pori2 kayu. kelembapan yang “terjebak” didalam lapisan kayu di tripleks akan mempercepat proses “delaminasi / pengelupasan. hal ini tidak terjadi di kayu solid.

Kelemahan lain kalau buat bahan mebel jepara adalah…tidak bisa diukir, bisa sih, tapi jelek 😀

Mengapa beli mebel dari tripleks

Setelah anda tahu beberapa kelemahan tripleks, mengapa kami menyarankan untuk membuat mebel dari tripleks ? jawaban yang utama adalah harga. mebel dari tripleks bisa lebih murah jatuhnya karena proses produksi yang simple dan minim resiko.

Kesimpulannya menurut kami, jika anda mencari mebel dengan model simple tanpa ukiran dengan harga murah, maka tripleks adalah solusi yang tepat. kita bisa diskusikan bagaimana caranya agar konstruksi bisa lebih kuat dengan tanpa mengurangi penampilan akhirnya. kata orang bijak, diskusi menyelesaikan masalah. jadi mari…:D

Informasi lain :

Summary
mebel dari tripleks kedai mebel jati jepara
Article Name
mebel dari tripleks kedai mebel jati jepara
Description
Mebel dari tripleks mungkin terdengar murahan dan tidak tahan lama, berikut penjelasan kami mengenai hal iyu
Author
Publisher Name
Kedai Mebel Jepara
Publisher Logo

Incoming search terms:

  • kursi dari triplek
  • cari gambar meja makan bahan kayu triplek
  • kamar set murah triplek
  • kursi sudut triplek tebal
  • mebel triplek
  • meja kursi dari bahan triplek
  • meja makan dari t
  • meja tamu dari kayu dan triplek

Produk terbaru

Rp 5.800.000
Order Sekarang » SMS : 081-215337504
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
KodeMVJ 034
Nama BarangSOFA 3 DUDUKAN MODERN MINIMALIS TERBARU MODEL VINTAGE
Harga Rp 5.800.000
Lihat Detail
Rp 4.380.000
Order Sekarang » SMS : 081-215337504
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
KodeMVJ 033
Nama BarangSOFA MODERN MINIMALIS TERBARU MODEL VINTAGE DOUBLE
Harga Rp 4.380.000
Lihat Detail
Rp 2.630.000
Order Sekarang » SMS : 081-215337504
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
KodeMVJ 032
Nama BarangSOFA MODERN MINIMALIS TERBARU MODEL VINTAGE SINGLE
Harga Rp 2.630.000
Lihat Detail
Rp 1.370.000
Order Sekarang » SMS : 081-215337504
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
KodeMVJ 009
Nama BarangKURSI BAR MURAH MODEL MINIMALIS KIARA
Harga Rp 1.370.000
Lihat Detail
Rp 1.120.000
Order Sekarang » SMS : 081-215337504
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
KodeMVJ 008
Nama BarangKURSI BAR DARI KAYU MODEL MINIMALIS
Harga Rp 1.120.000
Lihat Detail
Rp 1.250.000
Order Sekarang » SMS : 081-215337504
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
KodeMVJ 007
Nama BarangKURSI BAR JOK MODEL MINIMALIS
Harga Rp 1.250.000
Lihat Detail

Social Media